1.Pengembangan Pembiasaan
- Merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik
- meliputi aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama, serta pengembangan sosial, emosional, dan kemandirian
- dilakukan dengan cara:
a.Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dilakukan setiap hari
b.Kegiatan spontan adalah kegiatan yang dilakukan secara spontan
c.Kegiatan teladan adalah kegiatan yang dilakukan dengan memberi contoh yang baik kepada anak d.Kegiatan terprogram adalah kegiatan yang direncanakan dalam kegiatan pembelajaran
2.Pengembangan Kemampuan Dasar
- Merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya
- pelaksanaannya dengan diprogramkan dalam perencanaan semester, mingguan dan harian (SKM & SKH)
- meliputi aspek perkembangan:
a. Berbahasa
b. Kognitif
c. Fisik/Motorik
d. Seni
ASAS-ASAS PEMBELAJARAN PAUD
1. Asas Apersepsi Pembelajaran dengan memperhatikan pengetahuan dan pengalaman awal/sebelumnya yang dimiliki anak agar hasil belajar optimal
2. Asas Kekongkritan Pembelajaran dg menggunakan berbagai media dan sumber belajar nyata agar pembelajaran menjadi bermakna
3. Asas Motivasi Pembelajaran yang dirancang sesuai dengan kebutuhan, minat dan kemauan anak agar anak memiliki dorongan untuk belajar.
4. Asas Kemandirian Pembelajaran yg dirancang untuk mengembangkan kemandirian anak dan memecahkan masalah yg dihadapinya
5. Asas Kerjasama (Kooperatif) Pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan sosial anak melalui bekerja sama
6. Asas Individualisasi Pembelajaran yang dirancang dg memperhatikan perbedaan individu
7. Asas Korelasi Pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan antara aspek pengembangan satu dengan lainnya saling berkaitan/terpadu
8. Asas Belajar Sepanjang Hayat Pembelajaran yang dirancang untuk membekali anak agar bisa belajar sepanjang hayat dan mendorong anak selalu ingin dan berusaha belajar kapanpun dan dimana pun
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD
1. Pengaturan Ruangan Kelas
Beberapa hal yg perlu diperhatikan:
- susunan meja kursi bersifat fleksibel & dpt berubah-ubah
- Pada waktu kegiatan tidak selalu duduk di kursi tetapi dapat duduk di tikar/karpet
- Penyediaan alat bermain/sumber belajar harus disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan
- Pengelompokkan meja disesuaikan dengan kebutuhan sehingga cukup ruang gerak bagi anak didik
- Dinding dpt digunakan utk menempelkan hasil karya anak
- Peletakan dan penyimpanan alat bermain/sumber belajar diatur sesuai dengan fungsinya
2. Pengorganisasian Anak Didik
Dapat dilaksanakan dalam bentuk:
a. Kegiatan klasikal
Kegiatan yang dilakukan oleh seluruh anak dalam satu kelas, dalam satu satuan waktu dengan kegiatan yang sama. Misalnya: kegiatan awal dan akhir dengan menggunakan metode menyanyi, bercakapcakap, bercerita, dll
b. Kegiatan kelompok
Dalam satu satuan waktu tertentu terdapat beberapa kelompok anak melakukan kegiatan yang berbeda-beda. Misalnya: biasanya dilaksanakan pada kegiatan inti, dimana terdapat beberapa kegiatan dan antar kelompok melakukan kegiatan yang berbeda
c. Kegiatan individual
Setiap anak dimungkinkan memilih kegiatan sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing. Misalnya: anak yang senang membaca, memilih area membaca dan menulis.
3. Pengaturan Alat/Sumber Belajar
Dibedakan menjadi 2 kelompok:
• Alat/sumber belajar di dalam ruangan/kelas
- Pembelajaran Kelompok dengan Kegiatan Pengaman
- Pembelajaran Kelompok dengan Sudut-sudut Kegiatan
- Pembelajaran berdasarkan minat
• Alat/sumber belajar di luar ruangan/kelas
Alat permainan untuk memupuk perkembangan motorik, intelektual, sosial dan emosional. Misalnya jungkitan, ayunan, papan peluncur, papan titian, bak pasir/air dg perlengkapannya, bola besar/kecil, alat pertukangan, kebun/tanaman, binatang peliharaan, taman lalu lintas & kendaraannya, jala panjatan, dll
1 komentar:
terimakasih sharing ilmunya.
salam sehat selalu,
belajar matematika modern
Posting Komentar