Dengan
memahami bahwa ekuitas merek memiliki dampak yang besar dalam keputusan
konsumen dalam pemilihan suatu produk dan adanya kondisi riil bahwa
diperlukannya biaya iklan yang tinggi untuk membangun brand awareness suatu produk baru dengan merek yang baru, maka
strategi perluasan merek banyak digunakan oleh perusahaan untuk mensiasati
kondisi pasar, kondisi ekonomi, dan kondisi persaingan yang ada.
Menurut Helen Wing, Director
of the Marketing Science Centre at Research International menyatakan bahwa
produk baru dengan merek yang benar –
benar baru membutuhkan usaha pemasaran dari segi waktu dan biaya yang lebih
banyak untuk memperkenalkan merek dan membangun awareness konsumen.
Pertimbangan lain adalah bahwa perusahaan merasa bisa mendapatkan keuntungan
dari adanya ikatan emosional yang telah terbentuk antara merek induk dengan
perluasannya sehingga inventasi yang dibutuhkan untuk perluasan merek bisa
lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan merek yang baru.
Hasil studi kasus
internasional terhadap 22.000 macam kasus peluncuran produk baru didapatkan
data sebagai berikut:
1. 82 % dari produk – produk baru, merupakan
perluasan merek dan hanya sekitar 15 % merupakan merek yang benar – benar baru.
2. 83 % direktur pemasaran lebih menyukai
meluncurkan produk baru dengan perluasan merek, sedangkan 15% memberikan
penilaian yang sama antara penggunaan merek baru ataupun menggunakan perluasan
merek, dan hanya 2% yang berminat untuk menggunakan merek yang benar – benar
baru.
Dari hasil studi kasus
tersebut, dapat diketahui bahwa penggunaan strategi perluasan merek sudah
banyak digunakan dan bahkan mendominasi dalam setiap peluncuran produk – produk
baru bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di negara – negara lainnya.
Selain itu sebagian besar dan bahkan hampir seluruh praktisi pemasaran juga
setuju dengan penggunaan strategi perluasan merek dalam peluncuran produk baru.
Dengan adanya data – data
serta informasi – informasi yang mendukung strategi perluasan merek, bukan
berarti strategi pengembangan merek ini tidak memiliki kelemahan ataupun
kekurangan.
Berikut ini beberapa kelemahan dari strategi perluasan merek yang
terdapat dalam jurnal marketing: ”Brand
Extension Is Not A Low Risk Option That Firms Think It Is” menyatakan:
1. Minat pembelian konsumen untuk produk
dengan merek baru 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan perluasan merek. Hal
ini disebabkan karena rasa ingin tahu konsumen akan adanya merek baru membuat
mereka berminat untuk mencoba produk baru tersebut.
2. Pesan yang disampaikan merek dengan
perluasan harus cukup berbeda dengan merek induknya. Karena berdasarkan
penelitian yang dilakukan oleh Milward Brown menyatakan bahwa kegiatan
periklanan yang dilakukan untuk perluasan merek baru hanya mendapatkan tingkat
awareness sebesar 65 %. Hal ini disebabkan konsumen tidak melihat produk baru
tersebut sebagai sesuatu yang baru karena masih terpaku pada merek induknya.
Menyadari dan mempertimbangkan
bahwa strategi perluasan merek juga memiliki keterbatasan dan kelemahan dalam
aplikasinya, maka perusahaan juga perlu untuk mempelajari mengapa perluasan
merek dapat gagal di pasar. Ada tiga faktor utama penyebab kegagalan sebuah
strategi perluasan merek (Wing,2004) yaitu:
a. Tidak adanya perbedaan dari merek induk
b.
Kualitas produk kurang baik
c. Tidak adanya support pemasaran yang baik.
Dari ketiga faktor utama
kegagalan tersebut diatas maka perusahaan harus benar – benar mempersiapkan produk
baru yang akan diluncurkan dimana atribut – atribut produk harus berbeda dengan
atribut – atribut produk merek induk. Pemasar hendaknya tidak hanya
mengandalkan ekuitas merek yang tinggi dari merek induk saja tetapi juga harus
menyediakan aktivitas – aktivitas pemasaran pendukung untuk memperkuat posisi
dari produk baru tersebut.
1 komentar:
Artikel yang sangat bagus dan menarik untuk dibaca !!
Kami tawarkan kepada anda
> BONUS NEW MEMBER POKER UP TO 50%
> BONUS NEW MEMBER SPORTSBOOK 50%
> BONUS NEW MEMBER SLOT 70%
> BONUS NEW MEMBER TEMBAK IKAN 70%
> CASHBACK SABUNG AYAM 100%
> SPORTSBOOK MIX PARLAY CASHBACK 300%
> MENERIMA SEMUA JENIS TRANSAKSI BANK , OVO , DANA DAN GOPAY
BONUS NEW MEMBER TERBESAR
POKER TERBESAR INDONESIA
BACA BERITA DISINI
BERITA DEWASA
TOGEL 4D
JUDI SLOT ONLINE
AGEN SABUNG AYAM ONLINE
JUDI TEMBAK IKAN
Posting Komentar