Pada
dasarnya manajemen itu terdiri atas perancangan dan pelaksanaan
rencana-rencana. Dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk
membuat strategi dan rencana. Untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan
waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia
harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan setiap hari
kepada para bawahan.
Secara umum manajemen
mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
1.
Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
2. Melaksanakan rencana
tersebut
3. Mengadakan
evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan
penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).
Sehingga yang dimaksud
dengan manajemen pemasaran, menurut
Philip Kotler adalah :
Penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan
pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
Untuk membuat suatu rencana, fungsi
penganalisaan sangat penting agar
rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan
segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.
0 komentar:
Posting Komentar