Apa itu Hypertext Preprocessor (PHP)?

PHP merupakan bahasa pemrograman web-server-side, script yang membuat dokumen HTML secara on the fly, yaitu dokumen HTML yang dihasilkan hanya pada saat diakses oleh user. Sehingga suatu halaman HTML tidak lagi bersifat statis, namun menjadi bersifat dinamis. Sifat server-side ini membuat pengerjaan script tersebut dikerjakan di server sedangkan yang dikirim kepada browser adalah hasil proses dari script tersebut sudah berbentuk HTML. Karena PHP merupakan server-side scripting maka PHP dapat melakukan pengumpulan form data, men-generate dynamic page content atau mengirim dan menerima cookies, dan juga banyak fungsi yang lain. Untuk dapat menjalankan fungsi sebagai server-side scripting maka dibutuhkan PHP parser, webserver, dan webbrowser. Webbrowser perlu dijalankan dan digabungkan dengan instalasi PHP. Untuk mengakses PHP, dapat digunakan web browser yang dapat melihat hasil dari script PHP.

Keunggulan dari PHP dengan sifat server-side adalah:
·         Tidak diperlukan adanya kompatibilitas browser atau harus menggunakan browser tertentu, karena server yang mengerjakan script tersebut. Hasil yang dikirimkan kembali ke browser biasanya dalam bentuk format HTML, yang berisi teks ataupun gambar sehingga dapat dikenali oleh browser apapun.
·         Dapat memanfaatkan sumber-sumber aplikasi yang dimiliki oleh server, contoh : hubungan ke dalam database.
·         Script asli tidak dapat dilihat oleh browser sehingga keamanan lebih terjamin.

PHP adalah sebuah produk open source, sehingga source code PHP dapat digunakan, diubah. Keunggulan PHP selain sifatnya yang open source adalah multi platform selain dapat dijalankan pada platform Linux, PHP juga dapat dijalankan dengan menggunakan Apache, dengan IIS pada Window NT atau PWS pada Windows 98.

PHP dibuat pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdorf. Tetapi kemudian dikembangkan oleh orang lain dan setelah melalui tiga kali karya penulisan akhirnya PHP menjadi bahasa pemrograman web seperti sekarang ini. Pada bulan Januari 2001 PHP sudah kurang lebih digunakan lebih dari 5 juta domain dan terus berkembang hingga saat ini. Jumlahnya hingga saat ini dapat dilihat pada http://www.php.net/usage.php.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger