“The
driving force behind world economic growth has changed from manufacturing
volume to improving konsumen value. As a result, the key success factor for
many firms is maximizing konsumen value” (Cronin, 1995). Untuk beberapa perusahaan,
keuntungan yang diperoleh dari internet ditimbulkan dari kemampuan menjaga
loyalitas konsumen, mengantisipasi kebutuhan konsumen mendatang, menanggapi
kepedulian konsumen, dan memperbaiki pelayanan konsumen. Dari sudut pandang
konsumen, perusahaan secara konsisten dapat memberikan yang terbaik, dengan
menjaga kebutuhan masing-masing konsumen, mempertahankan kecenderungan
pasar, menyediakan informasi yang ada hubungannya secara menarik, sewaktu-waktu,
dimana saja dalam beberapa media, dan menyediakan pelayanan sesuai
dengan kebutuhan konsumen.
Hal tersebut
di atas menunjukkan alasan kenapa begitu banyak perusahaan berinvestasi
pada teknologi informasi cukup tinggi dan sistem komplek yang saling tersambung
dengan jaringan komputer, mengingat perusahaan sedang mencari konsumennya
lewat internet. Karena kebutuhan konsumen berkembang sangat cepat, perusahaan
berharap dapat berkomunikasi dengan konsumennya lewat internet. Sehingga
internet menjadi strategi dan memberi kesempatan kepada perusahaan besar
dan kecil untuk menawarkan secara cepat dengan biaya murah, menanggapi
produk dan pelayanan dengan kualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan
konsumen. Internet membuat channel baru untuk komunikasi
interaktif antara kosumen, penjual, dan rekan bisnis lainnya. Hal ini memungkinkan perusahaan
berinteraksi dan bekerja sama secara terus menerus dalam pengembangan
produk, pemasaran, pengiriman, pelayanan, dan dukungan teknik.
0 komentar:
Posting Komentar