Pengertian dan Unsur - Unsur Musik Menurut Para Ahli

PENGERTIAN MUSIK
a.    Jamalus (1988)
Musik adalah suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk dan struktur lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.
b.    Rina (2003)
Musik merupakan salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan melalui suara atau bunyi-bunyian.
c.    Prier (1991) setuju dengan pendapat Aristoteles bahwa musik merupakan curahan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.
d.   Menurut ahli perkamusan (lexicographer)
Musik ialah: ”Ilmu dan seni dari kombinasi ritmis nada-nada,vokal maupun instrumental, yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya bersifat emosional”
e. Secara Umum, Musik adalah bagian dari seni yang menggunakan bunyi sebagai media penciptaannya

UNSUR – UNSUR MUSIK
1.      Bunyi dan Nada
Bunyi dan nada merupakan unsur utama dalam musik. Bunyi adalah setiap unsur suatu yang dapat digunakan dalam kegiatan musical dalam mendukung kesatuan harmoni. Nada adalah bunyi yang memiliki frekwensi tertentu secara bersusun, sehingga membentuk urutan tangga nada secara sistematis.

Sistem tangga nada yang dikenal di Indonesia ada dua macam, yaitu tangga nada pentatonis dan diatonis.

Sistem tangga nada pentatonis terdiri dari lima nada bersusun, biasanya terdapat pada tangga nada karawitan Jawa dan Sunda, sedangkan sistem tangga nada diatonis terdiri atas tujuh nada bersusun yang sering diterapkan dalam kegiatan musik secara Internasional.

2.      Ritme
Ritme adalah perulangan aksen atau hentakan yang berulang – ulang dalam frekwensi yang tetap. Ritme merupakan kunci dari terjadinya musik yang teratur. Perubahan ritme dalam sebuah komposisi musik akan menyebabkan perubahan terhadap seluruh ciptaan musik. Oleh karena itu, ritme merupakan salah satu unsur musik yang harus dijaga secara ketat konsistensinya.

3.      Irama
Irama adalah jalannya sebuah ciptaan musik, irama sangat ditentukan oleh panjang pendeknya bunyi dan nada yang diciptakan, serta dipengaruhi secara ketat oleh ritme. Irama akan menentukan karakteristik ciptaan musik.

4.      Harmoni
Harmoni merupakan kesatuan yang dibangun oleh unsur – unsur nada, ritme, irama serta unsur – unsur lain secara seimbang. Harmoni menyangkut gerak nada dalam lagu, hubungan sebuah nada dengan nada lainnya, serta bagaimana nada tersebut membangun kesatuan yang utuh dalam ciptaan musik.

5.      Tempo
Tempo adalah hal yang berkaitan dengan kecepatan permainan musik. Tempo cepat akan memungkinkan karakteristik ciptaan musik yang bersemangat, riang dan ringan. Sedangkan tempo yang lambat akan memungkinkan karakteristik ciptaan musik yang lembut, berat, melankolis, penuh perasaan atau emosional dan khitmat.

Tanda – tanda tempo dalam musik ditulis dalam bahasa Italia, yang mengacu pada urutan tempo lambat hingga cepat.

Jenis peristilahan tempo tersebut antara lain :
a.         Largo                    : sangat lambat
b.         Adagio                 : lambat
c.         Andante               : sedang cenderung lambat
d.        Moderato             : sedang cenderung cepat
e.         Allegro                 : cepat

Secara akurat, tanda tempo sering dinyatakan dalam satuan MM (Metronome Maezel) yang menyatakan jumlah satuan notasi tetentu dalam setiap menit.

6.      Dinamika
Dinamika adalah hal yang berkaitan dengan perubahan keras kambatnya suara yang di
hasilkan oleh sumber musik. Dinamika akan memperindah dan mempertegas sebuah komposisi sehingga secara keseluruhan ciptaan musik akan menghasilkan kesan emosional musikal tertentu sehingga musik menjadi lebih dapat dinikmati.

Tanda – tanda dinamika juga  ditulis dalam bahasa Italia, serta tanda – tanda musikal tertentu.
Jenis peristilahan dinamika tersebut antara lain :

PP
:
Pianissimo
=
Sangat lunak
P
:
Piano
=
Lunak
mp
:
Mezzopiano
=
Agak lunak
mf
:
Mezzoforze
=
Agak keras
f
:
Forze
=
Keras
ff
:
Fortissimo
=
Sangat keras
cresc
:
Crescendo
=
Diperkeras


derescendo
=
diperlunak

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger