Sejarah Kehidupan di Bumi ( Era Senozoik )

Sejarah Kehidupan di Bumi ( Era Senozoik )
Era senozoik terbagi menjadi dua periode, yaitu Paleogendan Neogen. Saat ini manusia berada dalam periode Neogen. Beberapa kejadian yang berlangsung selama era senozoik adalah sebagai berikut.

1.    Peningkatan Keragaman Mamalia
Pada awal massa Paleoson, mamalia berukuran kecil dan menyerupai tikus. Namun, pada massa Eosen, mamalia telah berkembang dan beragam.

Mamalia yang dapat hidup di udara diwakili oleh kelelawar, sedangkan paus dan lumba – lumba merupakan mamalia yang hidup di laut. Mamalia berkuku yang tinggal dihutan menjadi jenis herbivora dan menjadi mangsa oleh banyak jenis karnivora. Saat ini, banyak dari jenis herbivora dan karnivora pada akhir periode Paleogon telah punah

2.    Evolusi Primata
Primata awal di perkirakan berupa tupai kecil, kemudian berkembang menjadi monyet kecil, dan akhirnya menjadi kera. Kera yang berkembang selama masa Miosen menghasilkan kelompok hominid awal, termasuk diantarana adalah kelompok manusia. Meskipun demikian, banyak ditemukan perbedaan antara manusia dan kera. Contohnya, bentuk skeleton manusia yang dapat berdiri denga tegak. Pada masa Pleistosen dijumpai manusia sloth raksasa, berang – berang, serigala, bison, badak, mamut, dan mastodon.



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger