Apa itu Teori Psikonalisis?

Teori psikoanalisi pertama kali diperkenalkan oleh seorang tokoh berkewarganegaraan Austria yaitu Sigmund Freud (1856-1939). Teori psikoanalisis ini dapat dikatakan sebagai aliran psikologi yang paling berpengaruh dan yang paling terkenal karena mempunyai landasan teori yang unik, teori ini berasumsi bahwa pada diri manusia terdapat aspek consciousness, preconsciousness dan unconsciousness. Dari ketiga aspek tersebut, unconsciousness merupakan aspek yang paling berpengaruh dan dominant dalam menentukan tingkah laku manusia. Di dalam unconsciousness tersimpan ingatan masa kecil, energi psikis dan instink. Preconsciousness berperan sebagai penghubung antara consciousness dan unconsciousness yang berisi ingatan dan ide yang dapat digunakan kapan saja. Sedangkan consciousness hanyalah sebagaian kecil dari struktur kesadaran namun di bagian inilah mind berinteraksi langsung dengan realitas.

Kemudian setelah mengembangkan struktur kesadaran di atas, freud mengembangkan pula struktur kepribadian yang dikenal dengan mind apparatus,yaitu:
1.      Id, merupakan system kepribadian yang orisisnil, dimana ketika manusia itu dilahirkan hanya memiliki id saja. Karena ia merupakan sumber utama dari energi psikis dan tempat timbulnya instink. Id tidak memiliki organisasi dan banyak tuntutan dengan mendorong untuk mendapatkan segala keinginannya.
2.      Ego, merupakan system kepribadian yang dapat mengadakan kontak langsung dengan realitas yang ada di luar dirinya. Disini ego mempunyai beberapa peran yaitu, yang memerintah, mengatur dan mengendalikan kepribadian. Ia bertindak sebagai penengah antara instink dengna dunia di sekelilingnya. Ego ini muncul disebabkan oleh kebutuhan-kebutuhan dari suatu organisme.

3.      Superego, merupakan system kepribadian yang memegang keadilan dan filter dari kedua system kepribadian di atas. Disini superego bertindak sebagai sesuatu yang ideal, menentukan benar-salah, baik-buruk, boleh-tidak dan sebagainya. Segala sesuatu yang timbul dari id dan ego disesuaikan dengan norma-norma moral masyarakat. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger