GARIS-GARIS
BESAR PEDOMAN PENGAJARAN
(GBPP)
Mata Kuliah : Manajemen Mutu Terpadu (MMT)
Kode Mata Kuliah :
SKS :
3 (Tiga)
Waktu Pertemuan : 150 Menit
Pengasuh :
Diskripsi
Mata Pelajaran:
Dalam era globalisasi dan liberalisasi
perdagangan, kunci utama untk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah
kualitas atau mutu produk barang dan jasa. Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan
barang atau jasa yang bermutu kelas dunia yang dapat memenangkan persaingan
global.
Manajemen Mutu Tertpadu (MMT) atau Total Quality Management (TQM) merupakan
paradigma baru dalam menjalankan bisnis (dalam arti luas bukan saja perusahaan
industri manufaktur, tetapi termasuk juga perhotelan, rumah sakit, restoran,
perbankan, pendidikan dan birokrasi pemerintahan), yang berupaya memaksimumkan
daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus menerus atas mutu produk,
jasa, manusia, proses, dan lingkungan organisasi.
Tujuan
Instruksional Umum:
Agar mahasiswa dapat memahami konsep dasar MMT
yang tidak terlepas dari pembahasan tentang mutu, fokus utama ada pada
pelanggan, pelibatan dan pemberdayaan karyawan, kerjasama tim, pendekatan
ilmiah (penggunaan data akurat, dan analisis data), pelatihan, penerapan
berbagai keputusan dengan menggunakan alat analisis antara lain curah pendapat (brainstroming), diagram tulang ikan (fishbone diagram) Ishikawa, diagram
Pareto, jaringan affinitas, diagram pancar, dsb.
Referensi:
A.
Buku Wajib
1. Beyond Total Quality Management Toward The Emerging
Paradigm by Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams and Gipsie Ranney (1994)
2. TQM for Sales and Marketing Management by James W.
Cortoda (1993)
B.
Buku Yang Danjurkan
1. Manejemen Mutu Total (2002) by David L. Goetsch
2. Total Quality Managemen (2001) by Fandy Tjiptono
dan Anastasia Diana
3. Kaizen (1992) by Masaki Imai
4. Beberapa artikel dari Majalah/koran, dsb.
Aturan
Perkuliahan TQM
- Setiap mahasiswa
wajib ikut kuliah minimal 80% baru dapat mengikuti ujian.
- Ujian yang akan
diadakan ada empat jenis, yaitu ujian Kuis I, Kuis II, MID, dan Ujian
Akhir.
- Penilaian
diambil dari keaktifan dan diskusi pada setiap hari kuliah.
- Unsur-unsur yang
dinilai: Kuis, MID, UAS, Tugas-tugas, dan Nilai Diskusi
- Bobot Penilaian:
a. Kuis 10%
b. MID 20%
c. UAS 40%
d. Diskusi 10%
e. Tugas-tugas 10%
f. Keaktifan 10%
- Tidak ada ujian
susulan, kecuali mahasiswa yang bersangkutan pada saat ujian berlangsung
memberi kabar melalui surat atau perwaliannya
- Ukuran
keberhasilan pelaksanaan perkuliahan TQM dapat diukur dari:
a. Nilai A 30%
b. Nilai B 40%
c. Nilai C 30%
d. Nilai D -
e. Nilai E -
SATUAN ACARA PENGAJARAN
(SAP)
Pertemuan Ke I
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa dapat memahami secara keseluruhan
tentang konsep dasar TQM serta pentingnya TQM bagi organisasi dan perusahaan.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Pengantar:
1. Sejarah, definisi, dan latar belakang pelunya
TQM
2. Dasar pemikiran dan Unsur-unsur kunci TQM
3. Perbedaan TQM dengan metode manajemen lain
4. faktor-faktor penyebab kegagalan TQM
|
Ceramah
|
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
|
White-board dan OHP
|
Absensi
|
1. MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2. TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
|
Mahasiswa diminta dapat memahami arti dan konsep dari TQM
|
Pertemuan Ke II
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan mengerti dan dapat memahami
bahwa di era globalisasi saat ini tidak ada organisasi bisnis yang kebal
terhadap persaingan baik lokal maupun internasional. Untuk itu diperlukan suatu
kemampuan yang dapat mengidentifikasikan jenis pesaing baik tingkat lokal
maupun internasional.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Mutu dan Persaingan:
1. Peran TQM dalam peningkatan mutu, kualitas,
profitabilitas, ISO-9000 dan daya saing.
2. Faktor-faktor yang menghambat persaingan.
3. Perbandingan-prbandingan pesaing industri
4. Definisi, kepercayaan, dan nilai mutu total dan
etika
5. Peran manajer dan organisasi dalam mutu total
dan etika
6. Mitos tentang KAIZEN
7. Konsep value chain dan kemitraan
|
Ceramah
|
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
|
White-board dan OHP
|
Absensi
|
MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
|
Mahasiswa diminta dapat mengerti peran penting mutu dalam persaingan.
|
Pertemuan Ke III
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan mampu mengerti bahwa pada
hakikatnya tjuan dari bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan para
pelanggan. Dengan memahami keinginan para pelanggan maka organisasi bisnis
dapat menyadari dan menghargai makna kualitas.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Fokus pada pelanggan:
1. Konsep dan kepuasan pelanggan
2. memahai kebutuhan pelanggan internal dan
eksternal
3. Konsep, manfaat, struktur dan proses penyebaran
fungsi mutu/ quality function development
4. mempertahankan, menetapkan fokus pelanggan dan
mengukur kepuasan pelanggan.
|
Ceramah
|
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
1. MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2. TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
3. TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie
Ranney.
|
Mahasiswa diminta dapat memahami arti dan konsep pelanggan dalam senuah
organisasi.
|
Pertemuan Ke IV
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan dapat mengerti bahwa dengan
melibatkan setiap elemen diorganisasi dalam membuat suatu keputusan dan
pemecahan masalah bisa memberikan jalan keluar yang lebih baik. Dan juga dapat
mnyelesaikan kasus yang ada/ diberikan secara lengkap dan benar.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Pelibatan karyawan dalam meningkatkan mutu:
1. Pengertian dan konsep dar pelibatan karyawan.
2. Hambatan dan peran manajer didalamnya.
3. Sistem saran-konsep dan implementasi
4. Mencapai partisipasi penuh
|
Ceramah, memberikan kasus, dan memberikan contoh-contoh
|
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
1. MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2. TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie
Ranney
|
Tugas perorangan menyelasaikan kasus yang diberikan dengan benar, untuk
dikumpulkan minggu depan.
|
Pertemuan Ke V
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan dapat mampu menyelesaikan kasus atau soal-soal sehubungan
dengan materi yang sudah dipelajari di pertemuan I s/d IV. Secara tertulis.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Kuis I: materi kuis dari materi pertemuan I s/d !V
|
Menyiapkan kasus/ soal-soal
|
Wajib mengikuti kuis
|
Kasus/ soal-soal
|
Standar I
|
Buku-buku penunjang yang dianjurkan
|
Waktu ujian 90 menit akan dikembalikan minggu depan.
|
Pertemuan Ke VI
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan dapat mengerti konsep
kepemimpinan yang baik guna menghasilkan produksi yang baik/ bermutu.
Kepemimpinan adalah suatu seni dan dilain pihak kepemimpinan juga merupakan
suatu ilmu. Dengan kata lain kepemimpinan adalah seni dan ilmu dalam
pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Kepemimpinan dan kerjasama tim:
1. Definisi kepemimpinan dan gaya kepemimpinan.
2. Kepemimpinan versus manajemen.
3. Tim: karakteristik dan manfaat
4. Manajemen konflik.
|
Ceramah dan memberikan contoh-contoh
|
Memperhatikan/mencatat.
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
1. MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2. TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
|
Mahasiswa diharapkan dapat lebih aktif guna menyelesaikan tugas kelompok
yang akan diberikan minggu depan.
|
Pertemuan Ke VII
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa dapat memahami bahwa disalam pengambilan
keputusan dan pmecahan masalah adalah salah satu faktor bagi terciptanya mutu
total. Dan keputusan yang baik akan mengurangi presentasi terjadinya kesalahan
dan masalah diorganisasi.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Pengambilan Keputusan dan Pemecahan Masalah:
1. Definisi dan proses pengambilan keputusan dan
pemecahan masalah/
2. Metode pemecahan dan pencegahan timbulnya
masalah.
3. Alat pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
4. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
secara ilmiah.
5. Aspek-aspek dalam pengambilan keputusan
|
Ceramah, memberikan kasus, dan membagi kelompok
|
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
1. MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2. TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie
Ranney
3. TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
|
Tugas kelompok mnyelesaikan kasus yang diberikan dan menyiapkan bahan
diskusi untuk minggu depan. Tanya jawab tentang materi yang telah diberikan
dari awal semester hingga searang sebelum menghadapi MID.
|
Pertemuan Ke VIII
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan dapat dengan lancar
mendiskusikan dan menyelesaikan kasus yang diberikan dengan penerapan materi
yang telah dipelajari dari pertemuan I s/d VII.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Kasus pemahaman Manajemen Mutu Terpadu didalam pengambilan keputusan,
pemecahan masalah dan peningkatan kualitas dan produktifitas.
|
Membimbing langsung, memberikan arahan atau petunjuk.
|
Diskusi kelompok
|
Hasil kerja kelompok
|
Absensi dan kerja kelompok.
|
Buku ajar dan buku-buku lain yang diperlukan.
|
Semua hasil kerja kelompok dikumpulkan da diterima dalam keadaan siap dan
lengkap 1 mingg dari sekarang.
|
Pertemuan Ke IX
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa dapat membuktikan bahwa mereka telah
menguasai konsep yang diberikan dengan baik sebagai ukuran penguasaan materi
dari pertemuan I s/d VIII.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Ujian MID: Materi kuliah I s/d VIII:
1. Penguasaan konsep
2. Penguasaan kriteria
3. Mampu mengidentifikasi masalah.
|
Menyiapkan soal/ kasus dan melaksanakan MID
|
Wajib mengikuti MID
|
Kasus/ Soal
|
Penguasaan materi dan kreatifitas dalam penyelesaian kasus
|
Buku ajar dan buku-buku penunjang lainnya.
|
Tidak ada ujian susulan kecuali bagi mahasiswa yang berhalangan
memberikan kabar disaat MID.
|
Pertemuan Ke X
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan dapat memahami bahwa
pelatihan merupakan salah satu unsur penunjang dari MMT dengan mengembangkan
personil secara berkesinambulan melalui pelatihan, pendidikan, dan
pembelajaran.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Pelatihan:
1. Pengertian dan perbedaan dari pelatihan
2. Faktor dan proses pelatihan
3. Pendekatan dan prinsip pembelajaran dalam
pelatihan
|
Ceramah, dan memberikan contoh-contoh
|
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
|
Whiteboard dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. Artikel-artikel surat kabar
|
Mahasiswa diwajibkan berperan aktif dalam tanya jawab yang berkaitan
dengan permasalahan dimasa ini.
|
Pertemuan Ke XI
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa dapat mengerti dan memahami tujuan utama
dari patok duga atau benchmarking yaitu
membantu menemukan kiat-kiat kesuksesan dan mengadaptasikannya pada organisasi
guna menghasilkan dampak yang positif dan saling menguntungkan.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Patok Duga (Benchmarking)
1. Definisi dan dasar pemikiran perlunya patok duga
2. Evolusi konsep dan jenis-jenis patok duga
3. Patok duga sebagai instrumen perbaikan dan peran
manajemen didalamnya
4. Prasyarat, aturan main, dan kode etik patok duga
5. Kendala terhadap kesuksesan patok duga
|
Ceramah, memberikan contoh-contoh
|
Memperhatikan/mencatat/ tanya jawab
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
|
Mahasiswa diharapkan dapat merumuskan Patok Duga dan memberikan jalan
keluar dengan benar.
|
Pertemuan Ke XII
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa dapat memahami secara keseluruhan
tentang apa sebenarnya yang mereka pelajari mengenai Total Quality Management
dan apa yang seharusnya mereka pelajari agar dapat memetik manfaat dari
mempelajari Total Quality Management bagi mereka pribadi, bagi perusahaan
maupun bagi pemerintah.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Perbaikan Berkesinambungan
1. Pengertian dan pendekatan perbaikan
berkesinambungan
2. Aktifitas dan struktur perbaikan
berkesinambungan
3. Pendekatan ilmiah dan identifikasi kebutuhan
akan perlunya perbaikan berkesinambungan
4. Proses dan pengendalian perbaikan
berkesinambungan
5. Pembelajaran dan strategi perbaikan
berkesinambungan
6. Penerapan KAIZEN
|
Ceramah, memberikan contoh-contoh
|
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
1. TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie
Ranney
2. Artikel-artikel surat kabar
3. TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
|
Mahasiswa diwajibkan berperan aktif dalam tanya jawab dalam pembahasan
artikel-artikel surat kabar.
|
Pertemuan Ke XIII
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan dapat mampu menyelesaikan
kasus atau soal-soal sehubungan dengan materi yang sudah dipelajari di
pertemuan X s/d XII. Secara tertulis.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Kuis II: Matei kuis dari materi pertemuan X s/d XII
|
Menyiapkan kasus/ soal-soal
|
Wajib mengikuti kuis
|
Kasus/ soal-soal
|
Standar I
|
Buku-buku penunjang yang dianjurkan
|
Waktu ujian 90 menit. Akan dikembalikan minggu depan.
|
Pertemuan Ke XIV
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa diharapkan mengerti dan dapat menerapkan
prinsip akan Just-In-Time (JIT) atau
pemanufakturan dalam mningkatkan kemampuan organisasi secara terus menerus
dengan merespon perubahan dengan meneka pemborosan atau mengadakan
penyederhanaan pada aktifitas yang tidak memberikan nilai tambah untuk organisasi.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Pemanufakturan Just-In-Time (JIT)
1. Filosofi dan definisi Just-In-Time (JIT)
2. Latarbelakang adanya Just-In-Time (JIT)
3. Kritik terhadap Just-In-Time (JIT)
4. Hubungan antara Just-In-Time (JIT) dan MMT
5. Manfaat dan persyaratan Just-In-Time (JIT)
|
Ceramah, memberikan contoh-contoh dan kasus
|
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
|
Mahasiswa diwajibkan berperan aktif dalam tanya jawab dan dapat
menyelesaikan kasus dengan baik dan benar
|
Pertemuan Ke XV
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa mengerti perlunya perubahan dalam
organisasi khususnya di era globalisasi saat ini. Dan juga kelangsungan hidup
organisasi sangat tergantung pada kemampuan organisasi itu sendiri dalam
mengadaptasi perubahan-perubahan tersebut baik itu faktor dari dalam maupun
dari luar.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Implementasi MMT (TQM)
1. Latar belakang perlunya perubahan
2. Persyaratan implementasi MMT dan peran manajemen
didalamnya
3. Pendekatan implementasi yang harus dihindari
4. Fase-fase implementasi MMT
|
Ceramah, memberikan contoh-contoh
|
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
|
White-board dan OHP
|
Absensi dan aktif tanya jawab
|
1. TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie
Ranney
2. TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
|
Pembahasan akhir/ tanya jawab tentang materi yang ada dari awal hingga
akhir semester sebagai persiapan menghadapi UjianAkhir Semester.
|
Pertemuan Ke XVI
Tujuan Instruksional Khusus:
Mahasiswa dapat membuktikan bila mereka telah
menguasai konsep yang diberikan dengan baik sebagai ukuran penguasaan materi
dari pertemuan sepanjang semester.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Ujian Akhir Semester: Materi kuliah I s/d XV
1. Penguasaan konsep dan materi
2. Mampu mengidentifikasi masalah
|
Menyiapkan soal/ kasus dan melaksanakan ujian
|
Wajib mengikuti ujian
|
Kasus/ soal
|
Penguasaan materi dan kreatifitas dalam penyelesaian kasus
|
Buku ajar dan buku-buku penunjang lainnya
|
Tidak ada ujian susulan kecuali bagi mahasiswa yang berhalangan
memberikan kabar disaat ujian.
|
1 komentar:
viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra original
viagra usa
viagra pfizer
obat viagra asli
obat viagra
obat kuat viagra
apotik viagra
apotik viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
agen viagra jakarta
jual viagra jakarta
toko viagra jakarta
apotik viagra jakarta
viagra jakarta
viagra asli jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat asli jakarta
harga viagra
harga viagra asli
beli viagra
beli viagra asli
pesan viagra
pesan viagra asli
viagra indonesia
penjual viagra
penjual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
agen pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli original
viagra asli usa
viagra asli pfizer
viagra original usa
titan gel
titan gel asli
toko titan gel
jual titan gel
cialis asli
jual cialis
toko cialis
Posting Komentar