Bahan Ajar Mata Kuliah Manajemen Mutu Terpadu

GARIS-GARIS BESAR PEDOMAN PENGAJARAN
(GBPP)

Mata Kuliah                          : Manajemen Mutu Terpadu (MMT)
Kode Mata Kuliah                :
SKS                                        : 3 (Tiga)
Waktu Pertemuan                 : 150 Menit
Pengasuh                                :

Diskripsi Mata Pelajaran:

Dalam era globalisasi dan liberalisasi perdagangan, kunci utama untk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah kualitas atau mutu produk barang dan jasa. Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan barang atau jasa yang bermutu kelas dunia yang dapat memenangkan persaingan global.

Manajemen Mutu Tertpadu (MMT) atau Total Quality Management (TQM) merupakan paradigma baru dalam menjalankan bisnis (dalam arti luas bukan saja perusahaan industri manufaktur, tetapi termasuk juga perhotelan, rumah sakit, restoran, perbankan, pendidikan dan birokrasi pemerintahan), yang berupaya memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus menerus atas mutu produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan organisasi.



Tujuan Instruksional Umum:

Agar mahasiswa dapat memahami konsep dasar MMT yang tidak terlepas dari pembahasan tentang mutu, fokus utama ada pada pelanggan, pelibatan dan pemberdayaan karyawan, kerjasama tim, pendekatan ilmiah (penggunaan data akurat, dan analisis data), pelatihan, penerapan berbagai keputusan dengan menggunakan alat analisis antara lain curah pendapat (brainstroming), diagram tulang ikan (fishbone diagram) Ishikawa, diagram Pareto, jaringan affinitas, diagram pancar, dsb.

Referensi:
A.    Buku Wajib
1.      Beyond Total Quality Management Toward The Emerging Paradigm by Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams and Gipsie Ranney (1994)
2.      TQM for Sales and Marketing Management by James W. Cortoda (1993)


B.     Buku Yang Danjurkan
1.      Manejemen Mutu Total (2002) by David L. Goetsch
2.      Total Quality Managemen (2001) by Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana
3.      Kaizen (1992) by Masaki Imai
4.      Beberapa artikel dari Majalah/koran, dsb.

Aturan Perkuliahan TQM
  1. Setiap mahasiswa wajib ikut kuliah minimal 80% baru dapat mengikuti ujian.
  2. Ujian yang akan diadakan ada empat jenis, yaitu ujian Kuis I, Kuis II, MID, dan Ujian Akhir.
  3. Penilaian diambil dari keaktifan dan diskusi pada setiap hari kuliah.
  4. Unsur-unsur yang dinilai: Kuis, MID, UAS, Tugas-tugas, dan Nilai Diskusi
  5. Bobot Penilaian:
a.       Kuis                       10%
b.      MID                      20%
c.       UAS                      40%
d.      Diskusi                  10%
e.       Tugas-tugas           10%
f.       Keaktifan              10%
  1. Tidak ada ujian susulan, kecuali mahasiswa yang bersangkutan pada saat ujian berlangsung memberi kabar melalui surat atau perwaliannya
  2. Ukuran keberhasilan pelaksanaan perkuliahan TQM dapat diukur dari:
a.       Nilai A                  30%
b.      Nilai B                   40%
c.       Nilai C                   30%
d.      Nilai D                  -
e.       Nilai E                   -
SATUAN ACARA PENGAJARAN
(SAP)

Pertemuan Ke I

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa dapat memahami secara keseluruhan tentang konsep dasar TQM serta pentingnya TQM bagi organisasi dan perusahaan.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Pengantar:
1.      Sejarah, definisi, dan latar belakang pelunya TQM
2.      Dasar pemikiran dan Unsur-unsur kunci TQM
3.      Perbedaan TQM dengan metode manajemen lain
4.      faktor-faktor penyebab kegagalan TQM
Ceramah
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
White-board dan OHP
Absensi
1.       MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2.       TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Mahasiswa diminta dapat memahami arti dan konsep dari TQM





Pertemuan Ke II

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan mengerti dan dapat memahami bahwa di era globalisasi saat ini tidak ada organisasi bisnis yang kebal terhadap persaingan baik lokal maupun internasional. Untuk itu diperlukan suatu kemampuan yang dapat mengidentifikasikan jenis pesaing baik tingkat lokal maupun internasional.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Mutu dan Persaingan:
1.      Peran TQM dalam peningkatan mutu, kualitas, profitabilitas, ISO-9000 dan daya saing.
2.      Faktor-faktor yang menghambat persaingan.
3.      Perbandingan-prbandingan pesaing industri
4.      Definisi, kepercayaan, dan nilai mutu total dan etika
5.      Peran manajer dan organisasi dalam mutu total dan etika
6.      Mitos tentang KAIZEN
7.      Konsep value chain dan kemitraan
Ceramah
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
White-board dan OHP
Absensi
MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis

Mahasiswa diminta dapat mengerti peran penting mutu dalam persaingan.

Pertemuan Ke III

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan mampu mengerti bahwa pada hakikatnya tjuan dari bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan para pelanggan. Dengan memahami keinginan para pelanggan maka organisasi bisnis dapat menyadari dan menghargai makna kualitas.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Fokus pada pelanggan:
1.      Konsep dan kepuasan pelanggan
2.      memahai kebutuhan pelanggan internal dan eksternal
3.      Konsep, manfaat, struktur dan proses penyebaran fungsi mutu/ quality function development
4.      mempertahankan, menetapkan fokus pelanggan dan mengukur kepuasan pelanggan.
Ceramah
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
1.      MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2.      TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
3.      TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie Ranney.
Mahasiswa diminta dapat memahami arti dan konsep pelanggan dalam senuah organisasi.



Pertemuan Ke IV

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan dapat mengerti bahwa dengan melibatkan setiap elemen diorganisasi dalam membuat suatu keputusan dan pemecahan masalah bisa memberikan jalan keluar yang lebih baik. Dan juga dapat mnyelesaikan kasus yang ada/ diberikan secara lengkap dan benar.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Pelibatan karyawan dalam meningkatkan mutu:
1.      Pengertian dan konsep dar pelibatan karyawan.
2.      Hambatan dan peran manajer didalamnya.
3.      Sistem saran-konsep dan implementasi
4.      Mencapai partisipasi penuh
Ceramah, memberikan kasus, dan memberikan contoh-contoh
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
1.      MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2.      TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie Ranney
Tugas perorangan menyelasaikan kasus yang diberikan dengan benar, untuk dikumpulkan minggu depan.






Pertemuan Ke V

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan dapat mampu menyelesaikan kasus atau soal-soal sehubungan dengan materi yang sudah dipelajari di pertemuan I s/d IV. Secara tertulis.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Kuis I: materi kuis dari materi pertemuan I s/d !V
Menyiapkan kasus/ soal-soal
Wajib mengikuti kuis
Kasus/ soal-soal
Standar I
Buku-buku penunjang yang dianjurkan
Waktu ujian 90 menit akan dikembalikan minggu depan.









Pertemuan Ke VI

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan dapat mengerti konsep kepemimpinan yang baik guna menghasilkan produksi yang baik/ bermutu. Kepemimpinan adalah suatu seni dan dilain pihak kepemimpinan juga merupakan suatu ilmu. Dengan kata lain kepemimpinan adalah seni dan ilmu dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Kepemimpinan dan kerjasama tim:
1.      Definisi kepemimpinan dan gaya kepemimpinan.
2.      Kepemimpinan versus manajemen.
3.      Tim: karakteristik dan manfaat
4.      Manajemen konflik.
Ceramah dan memberikan contoh-contoh
Memperhatikan/mencatat.
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
1.      MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2.      TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Mahasiswa diharapkan dapat lebih aktif guna menyelesaikan tugas kelompok yang akan diberikan minggu depan.









Pertemuan Ke VII

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa dapat memahami bahwa disalam pengambilan keputusan dan pmecahan masalah adalah salah satu faktor bagi terciptanya mutu total. Dan keputusan yang baik akan mengurangi presentasi terjadinya kesalahan dan masalah diorganisasi.
Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Pengambilan Keputusan dan Pemecahan Masalah:
1.      Definisi dan proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah/
2.      Metode pemecahan dan pencegahan timbulnya masalah.
3.      Alat pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
4.      Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara ilmiah.
5.      Aspek-aspek dalam pengambilan keputusan
Ceramah, memberikan kasus, dan membagi kelompok
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
1.       MMT/ David L. Goetsch & Stanley B. Davis
2.       TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie Ranney
3.       TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Tugas kelompok mnyelesaikan kasus yang diberikan dan menyiapkan bahan diskusi untuk minggu depan. Tanya jawab tentang materi yang telah diberikan dari awal semester hingga searang sebelum menghadapi MID.


Pertemuan Ke VIII

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan dapat dengan lancar mendiskusikan dan menyelesaikan kasus yang diberikan dengan penerapan materi yang telah dipelajari dari pertemuan I s/d VII.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Kasus pemahaman Manajemen Mutu Terpadu didalam pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan peningkatan kualitas dan produktifitas.
Membimbing langsung, memberikan arahan atau petunjuk.
Diskusi kelompok
Hasil kerja kelompok
Absensi dan kerja kelompok.
Buku ajar dan buku-buku lain yang diperlukan.
Semua hasil kerja kelompok dikumpulkan da diterima dalam keadaan siap dan lengkap 1 mingg dari sekarang.







Pertemuan Ke IX

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa dapat membuktikan bahwa mereka telah menguasai konsep yang diberikan dengan baik sebagai ukuran penguasaan materi dari pertemuan I s/d VIII.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Ujian MID: Materi kuliah I s/d VIII:
1.      Penguasaan konsep
2.      Penguasaan kriteria
3.      Mampu mengidentifikasi masalah.
Menyiapkan soal/ kasus dan melaksanakan MID
Wajib mengikuti MID
Kasus/ Soal
Penguasaan materi dan kreatifitas dalam penyelesaian kasus
Buku ajar dan buku-buku penunjang lainnya.
Tidak ada ujian susulan kecuali bagi mahasiswa yang berhalangan memberikan kabar disaat MID.











Pertemuan Ke X

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan dapat memahami bahwa pelatihan merupakan salah satu unsur penunjang dari MMT dengan mengembangkan personil secara berkesinambulan melalui pelatihan, pendidikan, dan pembelajaran.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Pelatihan:
1.      Pengertian dan perbedaan dari pelatihan
2.      Faktor dan proses pelatihan
3.      Pendekatan dan prinsip pembelajaran dalam pelatihan
  1. Penyebab kegagalan pelatihan
  2. kurikulum pelatihan kualitas
Ceramah, dan memberikan contoh-contoh
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
Whiteboard dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. Artikel-artikel surat kabar
Mahasiswa diwajibkan berperan aktif dalam tanya jawab yang berkaitan dengan permasalahan dimasa ini.






Pertemuan Ke XI

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa dapat mengerti dan memahami tujuan utama dari patok duga atau benchmarking yaitu membantu menemukan kiat-kiat kesuksesan dan mengadaptasikannya pada organisasi guna menghasilkan dampak yang positif dan saling menguntungkan.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Patok Duga (Benchmarking)
1.      Definisi dan dasar pemikiran perlunya patok duga
2.      Evolusi konsep dan jenis-jenis patok duga
3.      Patok duga sebagai instrumen perbaikan dan peran manajemen didalamnya
4.      Prasyarat, aturan main, dan kode etik patok duga
5.      Kendala terhadap kesuksesan patok duga
Ceramah, memberikan contoh-contoh
Memperhatikan/mencatat/ tanya jawab
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Mahasiswa diharapkan dapat merumuskan Patok Duga dan memberikan jalan keluar dengan benar.




Pertemuan Ke XII

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa dapat memahami secara keseluruhan tentang apa sebenarnya yang mereka pelajari mengenai Total Quality Management dan apa yang seharusnya mereka pelajari agar dapat memetik manfaat dari mempelajari Total Quality Management bagi mereka pribadi, bagi perusahaan maupun bagi pemerintah.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Perbaikan Berkesinambungan
1.      Pengertian dan pendekatan perbaikan berkesinambungan
2.      Aktifitas dan struktur perbaikan berkesinambungan
3.      Pendekatan ilmiah dan identifikasi kebutuhan akan perlunya perbaikan berkesinambungan
4.      Proses dan pengendalian perbaikan berkesinambungan
5.      Pembelajaran dan strategi perbaikan berkesinambungan
6.      Penerapan KAIZEN
Ceramah, memberikan contoh-contoh
Memperhatikan/mencatat/diskusi kelompok kecil
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
1.      TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie Ranney
2.      Artikel-artikel surat kabar
3.      TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Mahasiswa diwajibkan berperan aktif dalam tanya jawab dalam pembahasan artikel-artikel surat kabar.
Pertemuan Ke XIII

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan dapat mampu menyelesaikan kasus atau soal-soal sehubungan dengan materi yang sudah dipelajari di pertemuan X s/d XII. Secara tertulis.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Kuis II: Matei kuis dari materi pertemuan X s/d XII
Menyiapkan kasus/ soal-soal
Wajib mengikuti kuis
Kasus/ soal-soal
Standar I
Buku-buku penunjang yang dianjurkan
Waktu ujian 90 menit. Akan dikembalikan minggu depan.









Pertemuan Ke XIV

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa diharapkan mengerti dan dapat menerapkan prinsip akan Just-In-Time (JIT) atau pemanufakturan dalam mningkatkan kemampuan organisasi secara terus menerus dengan merespon perubahan dengan meneka pemborosan atau mengadakan penyederhanaan pada aktifitas yang tidak memberikan nilai tambah untuk organisasi.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Pemanufakturan Just-In-Time (JIT)
1.      Filosofi dan definisi Just-In-Time (JIT)
2.      Latarbelakang adanya Just-In-Time (JIT)
3.      Kritik terhadap Just-In-Time (JIT)
4.      Hubungan antara Just-In-Time (JIT) dan MMT
5.      Manfaat dan persyaratan Just-In-Time (JIT)

Ceramah, memberikan contoh-contoh dan kasus
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Mahasiswa diwajibkan berperan aktif dalam tanya jawab dan dapat menyelesaikan kasus dengan baik dan benar




Pertemuan Ke XV

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa mengerti perlunya perubahan dalam organisasi khususnya di era globalisasi saat ini. Dan juga kelangsungan hidup organisasi sangat tergantung pada kemampuan organisasi itu sendiri dalam mengadaptasi perubahan-perubahan tersebut baik itu faktor dari dalam maupun dari luar.

Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Implementasi MMT (TQM)
1.      Latar belakang perlunya perubahan
2.      Persyaratan implementasi MMT dan peran manajemen didalamnya
3.      Pendekatan implementasi yang harus dihindari
4.      Fase-fase implementasi MMT
Ceramah, memberikan contoh-contoh
Memperhatikan/mencatat/tanya jawab
White-board dan OHP
Absensi dan aktif tanya jawab
1.      TQM/ Greg Bounds, Lyle Yorks, Mel Adams, Gipsie Ranney
2.      TQM/ Fandy Tjiptono & Anastasia Diana
Pembahasan akhir/ tanya jawab tentang materi yang ada dari awal hingga akhir semester sebagai persiapan menghadapi UjianAkhir Semester.





Pertemuan Ke XVI

Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa dapat membuktikan bila mereka telah menguasai konsep yang diberikan dengan baik sebagai ukuran penguasaan materi dari pertemuan sepanjang semester.
Pokok dan Sub pokok Bahasan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media
Evaluasi
Refrensi
Keterangan
Ujian Akhir Semester: Materi kuliah I s/d XV
1.      Penguasaan konsep dan materi
2.      Mampu mengidentifikasi masalah
Menyiapkan soal/ kasus dan melaksanakan ujian
Wajib mengikuti ujian
Kasus/ soal
Penguasaan materi dan kreatifitas dalam penyelesaian kasus
Buku ajar dan buku-buku penunjang lainnya
Tidak ada ujian susulan kecuali bagi mahasiswa yang berhalangan memberikan kabar disaat ujian.


 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger