Konsep Dasar Multimedia

Multimedia
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi. Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakkan. Lembaga riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Teknology Research (CRT) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar . tetapi orang mengingat 50% dari yang dilihat dan yang didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar, dan yang dilakukan secara langsung.

Elemen-elemen Multimedia
a. Teks (Text)
Teks merupakan bentuk multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan yang juga berfungsi sebagai pelengkap dari gambar. Sekalipun sebuah gambar mungkin menggambarkan ribuan kata – kata tetapi apabila gambar tersebut tidak dilengkapi dengan teks atau beberapa kata, maka kutipan deskriptif pesan akan sulit diterima dan pengenalan gambar tersebut akan tamoak kurang menarik. Secara umum ada empat macam teks yaitu teks cetak, teks hasil scan, teks elektronik, dan hyperteks.
b. Gambar (Image)
Gambar atau grafik sering digunakan untuk presentasi atau publikasi multimedia karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Dengan gambvar atau grafik kita dapat mengungkapkan pesan – pesan dengan lebih indah dan menarik. Grafis seringkali muncul sebagai backdrop (latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang memperindah teks.
c. Suara (Audio)
Suara dalam PC multimedia sangat bermanfaat khususnya aplikasi bidang bisnis dan game. Beberapa tahun yang lalu, PC sudah cukup puas dengan PC Speaker yang hanya mengeluarkan nada tertentu pada suatu saat. Dalam teknologi multimedia, suara mempunyai peranan yang cukup penting bila kita tinjau dari visi utama informasi multimedia yaitu memanfaatkan semua indera manusia terutama mata dan telinga. Ada tigabelas jenis obyek bunyi yang bisa digunakan dalam produksi multimedia, yaitu format waveform audio, aiff, dat, ibf, mod, rmi, sbi, snd, voc, au, MIDI sound track, compact disc audio, dan MP3 file.
d. Video
Dengan video digital tampilan akan tampak lebih indah dan hidup sehingga lebih menarik untuk dilihat dan diperhatikan. Ada empat macam video yang digunakan sebagai objek link dalam aplikasi multimedia, yaitu live video feeds, videotape, videodisc, dan digital video.
e. Animasi (Animation)

Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer. Animasi merupakan perubahan gambar dari satu gambar ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu. Ada Sembilan macam animasi yaitu animasi sel, animasi frame, animasi sprite, animasi lintasan, animasi spline, animasi vektor, animasi karakter, animasi computional, dan morphing.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger