Organisasi
Menurut
Robbins (2006) mendefinisikan
organisasi sebagai, “Unit sosial yang dengan sengaja diatur, terdiri
atas dua orang
atau lebih, yang berfungsi secara
relatif terus menerus
untuk mencapai sasaran
atau serangkaian sasaran
bersama” (h.4).
Dalam penelitian ini, istilah organisasi sama dengan perusahaan, jadi seluruh
istilah organisasi didalam skripsi
ini berarti perusahaan.
Struktur Organisasi
Menurut Robbins (2006),
struktur
organisasi yaitu ”Cara tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasi secara
formal. Terdapat enam unsur kunci yang perlu disampaikan kepada manajer ketika
mereka merancang struktur organisasinya. Unsur-unsur tersebut
adalah:
1. Spesialisasi pekerjaan
Spesialisasi pekerjaan atau pembagian
tenaga kerja adalah
sampai tingkat mana
tugas dalam organisasi dipecah-pecah menjadi pekerjaan
terpisah-pisah.
2. Departementalisasi
Departementalisasi adalah dasar yang dipakai
untuk pengelompokkan sehingga
tugas yang sama atau mirip dapat dikoordinasikan.
3. Rantai Komando
Rantai komando adalah garis wewenang yang tidak terputus-putus yang terentang dari puncak organisasi ke eselon terbawah dan memperjelas
siapa melapor ke siapa.
4. Rentang
Kendali
Rentang kendali adalah jumlah bawahan yang dapat diatur oleh manajer secara
efektif dan efisien.
5. Sentralisasi dan Desentralisasi
Sentralisasi adalah tingkat
dimana pengambilan keputusan dipusatkan pada titik tunggal dalam organisasi.
6. Formalisasi
0 komentar:
Posting Komentar