Pengertian, Jenis, dan Bentuk Penyimpanan Musik

Pengertian Musik

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
      Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya.
      Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.


Jenis-Jenis Musik

Berikut adalah daftar aliran/genre utama dalam musik. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.

Dalam beberapa dasawarsa terakhir, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antara beat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan enak didengar. Contoh musisi yang mengusung jenis musik ini adalah Frou Frou, Sneaker Pimps dan Lamb. Ada juga hip-hop rock yang diusung oleh Linkin Park.

Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang kini sedang in. Banyak kelompok musik baru yang berkibar dengan jenis musik ini, antara lain Franz Ferdinand, Bloc Party, The Killers, The Bravery dan masih banyak lagi.

Bahkan  sekarang  banyak  pula  grup  musik  yang  mengusung  lagu  berbahasa daerah dengan irama musik rock, jazz dan blues. Grup musik yang membawa aliran baru ini  di  Indonesia  sudah  cukup  banyak  salah  satunya  adalah  Funk  de  Java  yang mengusung lagu berbahasa Jawa dalam musik rock.
  • Musik klasik 
merupakan istilah luas yang biasanya mengacu pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

  • Musik rakyat/tradisional 

  • Musik keagamaan 

  • Blues 
adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat.

  • Jazz 
adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi.

  • Country

  • Rock
adalah salah satu aliran musik yang berirama keras.



Bentuk Penyimpanan Musik

Musik dari jaman ke jaman sangat digemari sehingga setiap jaman pun memiliki gaya yang khas pada jamannya. Begitu juga bagaimana mendokumentasi atau mengabadikannya  Dahulu kita pernah mendengar : piringan hitam, kaset adalah salah satu sarana untuk menyimpan dan musik tersebut berbentuk data analog.


Dengan  berjalannya  waktu  cara  penyimpanannya  sudah  berbentuk  digital, seperti: .mp3, .ogg, dll. Sedangkan sarananya seperti: Compact Disc (CD),  DVD, dll

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger