Sejarah Kehidupan di Bumi ( Era Mesozoik )

Sejarah Kehidupan di Bumi ( Era Mesozoik )
Pada akhir era Paleozolik masih terjadi sedikit kepunahan massal. Tumbuhan angiosperma, diantaranya sikad dan konifer yang telah tercatat sejak periode Permia ( era Paleozolik ) menjadi dominan. Zaman Tumbuhan Sikad tejadi pada periode Jurasik. Selama era Mesozoik, dinosaurus berkembang dalam berbagai bentuk dan ukuran, sedangkan mamalia mempunyai ukuran yang kecil dan tidak mempunyai peran yang penting.

Selama periode Jurasik ditemukan reptil besar ang dapat terbang, yaitu Pterosaurus dan reptil laut raksasa pemakan ikan. Pada periode tersebut juga hidup dinosaurus yang berukuran sangat besar. Apatosaurus dan Stegosaurus merupakan dua dinosaurus pemakan biji sikad dan konifer. Satu kelompok dinosaurus yang disebut Teropoda mempunyai dua kaki dan leher panjang berbentuk S yang dapat di gerak – gerakkan. Fosil yang baru ditemukan, yaitu CaudiPteryx memberikan bukti bahwa burung berasal dari dinosaurus. Pada fosil tersebut ditemukan adanya bulu pada lengan dan ekor. Catatan fosil burung yang terkenal adalah Archaeopteryx yang tetap menampilkan ciri sebagai dinosaurus.

Dalam catatan fosil 120 juta tahun yang lalu, terdapat Jeholodens yang diidentifikasi sebagai mamalia. Dalam periode Kretaseus, ditemukan Triceratops ( dinosaurus seperti badak ) dan Tyrannosaurus Rex yang berperan sebagai karnivora.


Dinosaurus merupakan hewan yang sangat besar, misalnya Apatosaurus dapat setinggi beberapa gedung bertingkat empat dan seberat seribu orang. Pada akhir periode Kretasaurus, dinosaurus menjadi korban kepunahan massa.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger