Sejarah Kehidupan di Bumi ( Era Paleozolik )

Sejarah Kehidupan di Bumi ( Era Paleozolik )

Era paleozolik berlangsung selama lebih dari 300 juta tahun. Bebrapa kejadian penting yang terjadi dalam kurun waktu tersebut adalah tiga kepunahan massa utama. Kepunahan adalah total hilangnya seluruh anggota spesies atau kelompok takson yang lebih tinggi. Kepunahan massa adalah kepunahan dalam jumlah besar yang dialami spesies atau kelompok takson lebih tinggi yang terjadi dalam kurun waktu hanya beberapa juta tahun.
1.    Fosil pada Periode Kambria
Kelimpahan makhluk hidup yang ditemukan pada periode ini kemungkinan berhubungan dengan evolusi skeleton ( rangka ). Hal tersebut ditunjukkan oleh fosil hewan ditemukan yang mempunyai skeleton pelindung disebelah luar. Dasar laut pada periode kambria didominasi oleh hewan trilobit yang saat ini telah punah. Hewa tersebut dipertimbangkan masuk ke dalam kelompok artropoda.

2.    Invasi Makhluk Hidup ke Daratan
Dalam era paleozolik mulai terjadi penguasaan daratan oleh makhluk hidup.

a.    Tumbuhan
Alga yang semula hidup di laut mulai berpindah ke prairan dangkal dan akhirnya menginvasi daratan yang lembab. Bentuk kehidupan akar tumbuhan dan jamur didaratan membentuk mikoriza. Adanya mikoriza memungkinkan tumbuhan dapat tubuh pada batuan. Jamur mampu menyerap mineral yang kemudian digunakan tumbuhan untuk membentuk karbohidrat. Kelompok lumut, paku ekor kuda, dan paku biji merupakan bentuk tumbuhan pada saat itu yang tumbuh dalam beragam ukuran.

Berdasarkan catatan fosil, tumbuhan berpembuluh diperkirakan telah ada pada periode Silurian. Tumbuhan tersebut tumbuh dengan baik pada rawa yang hangat pada periode Karboiferus.

b.    Invertebrata
Beberapa jenis invertebrata yang lebih dulu muncul di daratan dibandingkan yang lain adalah laba – laba, sentipoda, dan milipoda. Serangga masuk kedalam catatan fosil pada periode Karboniferus. Evolusi sayap ke arah yang lebih baik memungkinkan serangga untuk berkembang menjadi kelompok makhluk hidup yang paling beragam dan melimpah hingga saat ini. Sayap tersebut bermanfaat dalam mencari makanan dan menghindari pemangsa.

c.    Vertebrata
Moang vertebrata tercata pada awal periode Ordovisia yang ditandai denga evolusi ikan. Evolusi pada ikan dimulai dengan ikan tanpa rahang, kemudian berkembang menjadi ikan berahang. Ikan bertulang rawan muncul pada periode Denovia dan periode tersebut dikenal sebagai zaman ikan. Lautan pada zaman ikan dihuni oleh ikan pemangsa besar yang dilengkapi dengan perisai pertahanan berupa tulag eksternal, misalnya ikan hiu.


Pada periode Karboniferus hewa amphibi berkembang dalam bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Oleh karena itu, periode Karboniferus di kenal juga sebagai zaman amphibi. Pada periode tersebut terdapat amphibi yang uukurannya mencapai 6 m. Zaman amphibi berakhir pada akhir periode Karboniferus, yang terjadi akibat perubahan iklim

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger