Sistem Informasi dan Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pengguna dengan kebutuhan yang diinginkan. Informasi menjelaskan mengenai organisasi atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin akan terjadi dimasa yang akan datang tentang organisasi tersebut.

Sistem informasi memuat berbagai informasi penting mengenai orang, tempat, dan segala sesuatu yang ada di dalam atau di lingkungan sekitar organisasi. Informasi sendiri mengandung suatu arti yaitu data yang telah diolah ke dalam suatu bentuk yang lebih memiliki arti dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Data sendiri merupakan fakta-fakta yang mewakili suatu keadaan, kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik organisasi. Data tidak dapat langsung digunakan untuk pengambilan keputusan, melainkan harus diolah lebih dahulu agar dapat dipahami, lalu dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan.

Informasi harus dikelola dengan baik dan memadai agar memberikan manfaat yang maksimal. Penerapan sistem informasi di dalam suatu organisasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan informasi yang dibutuhkan, khususnya oleh para pengguna informasi dari berbagai tingkatan manajemen. Sistem informasi yang digunakan oleh para pengguna dari berbagai tingkatan manajemen ini biasa disebut sebagai: Sistem Informasi Manajemen (SIM).

Sistem informasi mengandung tiga kegiatan dasar, yaitu : kegiatan masukan (input), kegiatan pemrosesan (processing), dan kegiatan keluaran (output). Tiga kegiatan dasar ini menghasilkan informasi yang dibutuhkan organisasi untuk pengambilan keputusan, pengendalian operasi, analisis permasalahan, dan menciptakan produk atau jasa baru. Input berperan di dalam pengumpulan data mentah (raw data), baik yang diperoleh dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi. Processing berperan untuk mengkonversi data mentah menjadi bentuk yang lebih memiliki arti. Sedangkan, Output dimaksudkan untuk mentransfer informasi yang diproses kepada pihak-pihak atau kegiatan-kegiatan yang akan menggunakan Sistem Informasi. Sistem informasi juga membutuhkan umpan balik (feedback), yaitu untuk dasar evaluasi dan perbaikan di tahap input berikutnya. Sistem informasi yang digunakan lebih berfokus pada sistem informasi berbasis komputer (computer-based information system). Penggunaan teknologi informasi atau sistem informasi berbasis komputer, dapat memberikan informasi yang lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu, sehingga pengambilan keputusan dapat lebih efektif dan efisien.

            Definisi Sistem informasi manajemen (SIM) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen (SIM) dibedakan dengan sistem informasi biasa karena Sistem informasi manajemen (SIM) digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan pada kelompok metode manajemen informasi yang mendukung terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

            Adapun kumpulan dari terapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang ada di Indonesia, adalah sebagai berikut :
ü  Sistem Informasi Akuntansi (accounting information systems), yaitu menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
ü  Sistem Informasi Pemasaran (marketing information systems), yaitu menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
ü  Sistem Informasi Manajemen Persediaan (inventory management information systems), yaitu menyediakan informasi persediaan baik dari informasi stok awal, stok dalam proses dan stok akhir serta informasi stok real time.
ü  Sistem Informasi Personalia (personal information systems), yaitu menyediakan informasi yang berhubungan dengan kebutuhan karyawan mulai dari absensi, overtime, kesehatan, kecelakaan, penggajian, kenaikan golongan dan semua hal yang berkaitan dengan kepegawaian. .
ü  Sistem Informasi Distribusi (distribution information systems), yaitu menyediakan informasi mengenai distribusi barang dari perusahaan pengirim barang sampai konsumen penerima barang.
ü  Sistem Informasi Pembelian (purchasing information systems), yaitu menyediakan informasi untuk semua hal yang berhubungan dengan pembelian baik dari informasi suplier, proses tender, informasi purchase order, dan semua informasi yang berhubungan dengan pembelian.
ü  Sistem Informasi Kekayaan (treasury information systems), yaitu menyediakan informasi yang berhubungan dengan kekayaan perusahaan.
ü  Sistem Informasi Analisis Kredit (credit analysis information systems), yaitu menyediakan informasi mengenai kredit baik mulai kreditur, jangka waktu kredit, analisis kredit dan semua hal yang berhubungan dengan kredit.
ü  Sistem Informasi Penelitian dan Pengembangan (research and development information systems), yaitu menyediakan informasi mengenai penelitian dan pengembangan, mulai dari informasi mengenai protipe produk, konsep produk, produk dalam pengujian, produk jadi, dan semua hal yang berhubungan dengan pengembangan produk.
ü  Sistem Informasi Analisis Software (software information systems) yaitu menyediakan informasi mengenai semua hal yang berhubungan dengan software baik software operational system, software application, software supporting dan semua hal yang berhubungan dengan pengelolaan software.
ü  Sistem Informasi Teknik (engineering information systems), yaitu menyediakan semua informasi mengenai teknik baik berupa informasi spesifikasi mesin, perakitan mesin, maintain mesin dan semua hal yang berhubungan dengan pengelolaan mesin.
ü  Sistem Informasi Rumah Sakit (Hospital information systems), yaitu menyediakan informasi rumah sakit, baik sistem rekam medik, jadwal dokter, pendaftaran pasien, pembelian obat, pembayaran pasien dan semua hal yang berhubungan dengan rumah sakit.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger