Definisi Kekuasaan

Kekuasaan merupakan kemampuan yang dimiliki A untuk memengaruhi perilaku B sehingga B bertindak sesuai dengan keinginan A. Kekuasaan boleh saja ada, tetapi tidak digunakan, karena itu kekuasaan merupakan suatu kemampuan atau potensi. Seseorang bisa saja memiliki kekuasaan tetapi tidak menjalankannya. Barangkali aspek terpenting dari kekuasaan adalah bahwa hal ini meruoakan fungsi ketergantungan. Semakin besar ketergantungan B terhadap A, semakin besar pula kekuasan A dalam hubungan tersebut. Seseorang dapat memiliki kekuasaan atas diri anda hanya jika ia mengendalikan sesuatu yang anda inginkan.

MEMBANDINGKAN KEPEMIMPINAN DAN KEKUASAAN
Konsep dari kepemimpinan dan kekuasaan adalah saling bertautan. Para pemimpin menggunakan kekuasaan sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan kelompok. Para pemimpin mencapai tujuan, dan kekuasaan adalah sarana untuk memudahkan usaha mereka tersebut. Kekuasaan tidak mengisyaratkan tujuan melainkan ketergantungan seangkan kepemimpinan mensyaratkan kesesuaian antara tujuan pemimpin dan mereka yang dipimpin.

Perbedaan yang kedua yaitu dengan arah pengaruh. Kepemimpinan berfokus padapengaruh kebawah kepada para pengikut. Kepemimpinan meminimalkanpola-pola pemngaruh ke samping dan ke atas. Kekuasaan tidak demikian. Perbedaan lain dengan penekanan penelitian. Penelitian mengenai kepemimpinan, sebagianbesra menekankan gaya. Penelitian tersebut mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyan seperti seberapa suportif semestinya seorang pemimpin?sampai tingkat mana proses pengambilan keputusan harus dilakukan bersama dengan para pengikut?sebaliknya, penelitian mengenai kekuasaan cnderung mencakup bidag yang lebih luas dan terfokus pada takti-taktik untuk memperoleh kepatuhan dari anak buah. Penelitian tersebut melampaui individu sebagai pelaksana kekuasaan karena kekuasaan dapat digunakan oleh kelompok dan juga individu untuk mengendalikan individu atau kelompok-kelompok lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger