Faktor – faktor yang mempengaruhi Pengembangan Karier Menurut Para Ahli

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara ( 2000:67 ), ada dua faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi kerja dalam pengembangan karier karyawan yaitu faktor kemampuan ( Ability ) atau kompetensi dan faktor motivasi ( motivation ), hal ini sesuai dengan pendapat Keith Davis, (1994: 484 ) yang merumuskan bahwa:
  1. Human Performance  = Ability + Motivation
  2. Motivation                   = Attitude + Situation
  3. Ability                          = Knowledge + Skill

1. Faktor Kemampuan / berkompeten
Secara psikologis, kemampuan ( Ability ) pegawai terdiri dari kemampuan potensi ( IQ ) dan kemampuan reality ( Knowledge + skill ). Artinya, pegawai yang memiliki IQ di atas rata-rata (  IQ 110-120 ) dengan pendidikan yang memadai untuk jabatannya dan terampil dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, maka ia akan lebih mudah mencapai kinerja yang diharapkan. Oleh karena itu, pegawai perlu ditempatkan pada pekerjaan tang sesuai dengan keahliannya ( the right man in the right place, the right man on the right job ).

2. Faktor Motivasi

Motivasi terbentuk dari sikap ( attitude ) seorang pegawai yang menghadapi situasi kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakkan diri pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi ( tujuan kerja ).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger