Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah
data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas,
yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,
dan pemerintahan dan merupakan informasi
yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu
komputer dengan komputer yang lainnya
sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara
global.
Terdapat tiga sasaran utama dari upaya
penerapan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi dalam suatu organisasi.
Pertama, memperbaiki efisiensi kerja dengan melakukan otomasi berbagai proses
yang mengelola informasi. Kedua, meningkatkan keefektifan manajemen dengan
memuaskan kebutuhan informasi guna pengambilan keputusan. Ketiga, memperbaiki
daya saing atau meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi dengan merubah
gaya dan cara berbisnis (Ward and Peppard, 2002).
Sering ditemukan bahwa penerapan
Teknologi Informasi kurang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja dan
kesuksesan bisnis organisasi maupun peningkatan daya saing organisasi. Hal
tersebut terjadi akibat penerapan SI/TI yang hanya berfokus pada teknologinya
saja. Oleh karena itu, cara efektif untuk mendapatkan manfaat strategis dari
penerapan Teknologi Informasi adalah dengan berkonsentrasi pada kaji ulang
bisnis (rethinking business) melalui analisis masalah bisnis saat ini
dan perubahan lingkungannya serta mempertimbangkan Teknologi Informasi sebagai bagian
solusi (Earl, 1992).
Perencanaan strategis Teknologi
Informasi mempelajari pengaruh Teknologi Informasi terhadap kinerja bisnis dan
kontribusi bagi organisasi dalam memilih langkah-langkah strategis. Selain itu,
perencanaan strategis Teknologi Informasi juga menjelaskan berbagai tools,
teknik, dan kerangka kerja bagi manajemen untuk menyelaraskan strategi
Teknologi Informasi dengan strategi bisnis, bahkan mencari kesempatan baru
melalui penerapan teknologi yang inovatif (Ward & Peppard, 2002).
Beberapa karakteristik dari perencanaan
strategis Teknologi Informasi antara lain adalah adanya misi utama : keunggulan
strategis atau kompetitif dan kaitannya dengan strategi bisnis; adanya arahan
dari eksekutif atau manajemen senior dan pengguna; serta pendekatan utama
berupa inovasi pengguna dan kombinasi pengembangan bottom up dan analisa
top down (Pant & Hsu, 1995).
0 komentar:
Posting Komentar