Sejarah Singkat Mailing list UNHAS-ML

Mailing list UNHAS-ML didirikan sejak 3 April 1994 oleh DR. Iqbal Djawad. Mailing list UNHAS-ML waktu itu masih menggunakan server milik Hiroshima University dengan alamat; unhas-ml@ipc.hiroshima-u.ac.jp.

            Tujuan awal dibentuknya mailing list UNHAS-ML adalah untuk membuat suatu grup komunikasi yang berisikan staf dan orang-orang Sulawesi Selatan yang sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri. Pada awalnya, nama-nama mereka terdaftar pada mailing list yang disebut mase_masea.net yang didirikan atas prakasarsa DR. M. Rafii Yunus yang kemudian diambil alih oleh  DR. Suarga dibantu oleh DR. Rhiza S. Sadjad setelah DR. Rafii Yunus kembali ke Indonesia. Mase-masea.net inilah yang kemudian berubah nama menjadi unhas-ml. Nama dan alamat para anggota mase_masea.net kemudian dipindahkan ke alamat baru. Anggota mailing list UNHAS-ML waktu itu berjumlah ± 30.

 Tahun 1997, mailing list Unhas tidak lagi menggunakan server milik Hiroshima University, dan selanjutnya menggunakan server lain yang sifatnya tidak dikenakan pembayaran (gratis).  Oleh karena terjadi perubahan penggunaan server, secara otomatis sejak April 1997, alamat mailing list Unhas berubah menjadi; unhas-ml@mx2.dns-ml.co.jp.
Sebagai konsekuensi pemakaian server tanpa pembayaran tersebut, pihak server berhak menayangkan iklan dibagian atas (header) setiap e-mail  yang terkirim. Hal inilah yang menyebabkan munculnya  huruf-huruf yang tidak teratur.  Huruf-huruf  tersebut  sebenarnya adalah huruf  kanji yang tidak  terbaca oleh  komputer  yang sistem  bahasanya adalah bahasa Inggris.

            Pengelolaan server pada waktu itu masih dilakukan dengan sistem manual. Namun yang sangat menggembirakan adalah jumlah anggota yang bergabung terus-menerus mengalami peningkatan. Meskipun diakui ditemukan banyak kendala dalam mengatur lalu lintas e-mail dan anggota.   Sejak 31 Agustus 1999, DR. Iqbal Djawad memutuskan untuk memindahkan alamat mailing list Unhas dengan alamat baru: unhas_ml@egroup.com. Mailing list ini tetap dikelola oleh DR. Iqbal Djawad dibantu oleh DR. Rhiza S. Sadjad. Namun alamat baru tersebut kemudian mengalami perubahan menjadi unhas-ml@yahoogroups.com, setelah egroup.com melebur menjadi yahoogroups.com.


            Hingga kini, jumlah anggota mailing list UNHAS-ML terus bertambah. Topik-topik yang ditampilkan juga semakin beragam. Mailing list Unhas telah menjadi sarana komunikasi  dan sumber informasi tidak hanya bagi bagi staf, dosen, mahasiswa Unhas baik yang ada di dalam maupun di luar negeri, tetapi juga bagi masyarakat  umum  di manapun mereka berada yang menjadi anggota mailing list UNHAS-ML. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger