Apa itu Bisnis ?

Menurut Madura (2001, p.2) bisnis atau perusahaan adalah suatu badan hukum yang menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan oleh pelanggan. Setiap bisnis melakukan transaksi dengan orang-orang. Mereka menanggung akibat karena bisnis tersebut karenanya mereka mempunyai kepentingan di dalamnya. Mereka disebut sebagai pemegang kepentingan utama (stakeholder) atau orang yang mempunyai kepentingan dalam bisnis. Mereka adalah karyawan, pemilik, kreditur, pemasok, dan pelanggan.

Menurut Madura ( 2001, p.13 ),  lima fungsi utama yang terlibat dalam bisnis adalah :
1. Pemasaran, cara bagaimana produk dan jasa dikembangkan, diberi harga, didistribusikan dan dipromosikan kepada pelanggan.
2.   Manajemen, cara bagaimana karyawan dan sumber lain ( seperti mesin

mesin ) digunakan oleh perusahaan.

3. Keuangan,   cara   bagaimana   perusahaan   mendapatkan   dana   dan menggunakannya untuk keperluan operasi bisnisnya.
4.   Akuntansi, ringkasan atau analisis dari kondisi keuangan perusahaan.

5.   Sistem informasi , meliputi teknologi informasi, masyarakat, dan prosedur yang bekerjasama untuk memberikan informasi yang cocok kepada karyawan perusahaan sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis.



Proses Bisnis


Marshall (2000, p.53) menyatakan proses bisnis mendefinisikan bagaimana suatu  organisasi  meraih  tujuannya  dan  dirancang  untuk  menambah  nilai.  Proses bisnis terdiri dari beberapa langkah yang saling berhubungan dengan suatu alur kerja. Ivar Jacobson, seperti yang dikutip oleh Marshall (2000, p.53) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan proses bisnis adalah rangkaian kegiatan internal yang dilakukan untuk melayani pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger