Bagaimana Tips Merawat Batik Agar Tahan Lama ?

  1. Mencuci kain batik dengan menggunakan shampo rambut .sebelumnya, larutkan dulu shampoo hingga tak ada lagi bagian yg mengental. Setelah itu baru batik dicelupkan.bisa jg menggunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yg dijual dipasaran.
  2. Pada saat mencuci batik jangan digosok dan jangan gunakan detergen. Jika batik anda tidak terlalu kotor maka anda bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi jika batik anda terkena noda maka anda bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi saja. Akan tetapi jika notanya membandel maka anda bisa menghilangkannya dengan kulit jeruk pada bagian yg kotor saja. Jgn mencuci kain batik dengan menggunakan mesin cuci.
  3. Setelah kotoran hilang anda harus menjemur di tempat yg teduh tetapi anda tidak perlu memerasnya biarkan saja kain tersebut mongering secara alami pada saat mejemur sebaiknya anda tarik bagian tepi kain agar serat kain yang terlipat kembali seperti sedia kala.
  4. Hindari penyetrikaan secara langsung, jika terlalu kusut anda bisa semprotkan air diatas kain batik anda lalu lapisi batik anda dengan kain lainnya. Hal ini untuk menghindari kain batik anda terkena panas langsung dari setrikaan.
  5. Bila anda ingin memberi pewangi dan pelembut kain pada batik tulis jangan disemprotkan air diatas kain batik anda. Sebelumnya tutupi dulu kain dengan Koran lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain. Sebaiknya anda tida menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain atau pakaian berbahan batik sutera berpewarna alami.Sesudah disetrika sebaiknya anda simpan batik anda dalam plastic agar tidak di makan ngengat. Sebaiknya anda jgn memberi kapur barus karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak kain batik anda. Ada baiknya anda beri merica atau lada yg dibungkus dengan tisu lalu dimasukkan dalam lemari pakaian adan untuk mengusir ngengat. Atau anda bisa menggunakan akar wangi yg sebelumnya anda celup ke air panas kemudian dijemur lalu dicelup sekali lagi ke dalam air panas dan dijemur.setelah akar wangi tersebut kering anda baru bisa menggunakannya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger