Apa itu Pemasaran ?

Kotler (2003, pp.8-9) pengertian pemasaran dibedakan menjadi dua yaitu pengertian sosial dan pengertian manajerial. Secara sosial, pemasaran diartikan sebagai suatu proses sosial untuk menemukan kebutuhan dan keinginan dari individu maupun kelompok melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran barang dan jasa yang   bernilai secara bebas. Sedangkan secara manajerial, pemasaran dianggap sebagai “seni dari menjual produk”. Tipikalnya pemasaran sering dipandang sebagai sebagai serangkaian tugas penciptaan, promosi, dan pengiriman barang dan jasa kepada konsumen dan bisnis.

Pengertian pemasaran menurut The American Association adalah proses dari perencanaan dan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide-ide, barang-barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi (Kotler,
2003, p.9)



Konsep Pemasaran

Pemasaran memegang kunci penting dalam pencapaian tujuan perusahaan yang meliputi keefektifan perusahaan dibandingkan dengan pesaing dalam hal penciptaan, penyampaian, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan superior kepada target pasar yang ditujunya (Kotler, 2003, p.19).

Konsep dari pemasaran meliputi 4 pilar utama yaitu : target pasar, kebutuhan pelanggan,   pemasaran   terpadu,   dan   keuntungan   dari   kepuasan   pelanggan.
Penggambaran konsep ini adalah sebagai berikut :







Perusahaan akan memilih target pasar sasarannya dengan hati-hati sehingga dapat mempersiapkan program pemasaran untuk setiap target pasarnya dengan lebih baik.
Untuk dapat fokus kepada kebutuhan pelanggan tidaklah mudah karena banyak pelanggan yang tidak menyadari kebutuhan mereka, atau mereka tidak dapat mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan tersebut, atau cara penyampaian mereka yang membutuhkan interpretasi tertentu.  Kotler (2003, p.21) mengemukakan ada lima kebutuhan pelanggan yaitu :


ƒ  Kebutuhan yang dinyatakan oleh pelanggan (Stated needs)

ƒ  Kebutuhan yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan (Real needs)

ƒ  Kebutuhan yang tidak dinyatakan oleh pelanggan namun diinginkannya

(Unstated needs)

ƒ  Kebutuhan yang merupakan harapan bagi pelanggan yang sifatnya berupa tambahan (Delight needs)
ƒ  Kebutuhan  yang  disembunyikan  oleh  pelanggan  setelah  kebutuhan utamanya terpenuhi (Secret needs)

Pemasaran terpadu dapat dicapai dengan adanya kerja sama dari setiap departemen dalam perusahaan untuk  melayani kebutuhan dan kepentingan pelanggan. Kondisi ini terkadang sulit untuk dicapai karena tidak semua karyawan dilatih dan dimotivasi untuk bekerja demi kepentingan pelanggan.

Tujuan utama dari konsep pemasaran adalah untuk mendukung perusahaan dalam pencapaian tujuan. Bagi perusahaan dapat dikatakan keuntungan merupakan tujuan namun perusahaan menfokuskan pada perolehan keuntungan sebagai konsekuensi dari penciptaan nilai pelanggan yang superior.

Strategi Pemasaran

Menurut Kotler (2003,p.90) perencanaan strategi pemasaran memaparkan target pasar dan pengajuan nilai-nilai yang dapat ditawarkan berdasarkan pada analisis peluang-peluang pasar yang terbaik. Perencanaan pemasaran merupakan instrumen utama untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan upaya-upaya pemasaran.


Craven   dan   Piercy   (2003,   p.31)   mengemukakan   strategi   pemasaran merupakan rangkaian tugas yang terdiri dari analisis, pengembangan strategi, dan pengimplementasian kegiatan dalam: pengembangan suatu visi tentang pasar dari kepentingan organisasi, memilih strategi, target pasar, menentukan objek, dan pengembangan, pengimplementasian, dan pengelolaan strategi penempatan posisi dalam program pemasaran yang didesain untuk dipertemukan dengan permintaan nilai dari pelanggan dalam setiap target pasar.


Strategi pemasaran tersusun atas rumusan dari segmentasi (segmentation), pemilihan pasar yang dituju (targeting), dan penentuan posisi (positioning).

1 komentar:

Alexandra Christie mengatakan...

Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

123 1

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger