Aturan dan Tatacara Meracik Jamu

Seni meracik jamu sudah menjadi ilmu yang turun temurun sejak jaman nenek moyang kita. Pekerjaan meracik dapat mempengaruhi manfaat dan kenikmatan rasa jamu. Untuk mendapatkan manfaat yang baik, perlu diperhatikan tentang higiene dan sanitasi pada proses pembuatan jamu tersebut. Higiene dan sanitasi ialah upaya untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan. Perbedaan antara higiene dan sanitasi ialah higiene lebih mengarah pada aktivitas manusia sedangkan sanitasi lebih menitikberatkan pada faktor-faktor lingkungan. Agar diperoleh jamu yang memenuhi persyaratan kesehatan, perlu diperhatikan hal-hal seperti air yang digunakan, kondisi pembuat jamu, bahan baku,  peralatan,  serta  wadah  yang  akan  digunakan  harus  bersih,  selain  itu kebenaran bahan, ketepatan takaran, dan kualitas bahan menjadi sangat penting.


Proses meracik  jamu


ƒ  Pemilihan Bahan Baku


Diperoleh dari hasil panen sendiri atau dengan cara membeli. Dalam pemilihan bahan baku kita mengetahui tinggi tidaknya kandungan bahan berkhasiat yang bisa dirasakan dari bau, warna , besar/kecilnya, ataupun bentuk/wujudnya.


ƒ     Membersihkan


Kebersihan bahan, peralatan yang digunakan dan si pembuat haruslah dijaga, baik demi kesehatan maupun kepuasan penyajian jamu yang bersih.


ƒ     Melumatkan/Menghaluskan


Melumatkan bahan baku berarti kita memperkecil ukuran bahan baku, sehingga kandungan yang ada dalam bahan baku dapat bekerja lebih maksimal dan jamu akan lebih bermanfaat. Pelumatan bahan dasar tersebut menggunakan lumping.

ƒ     Menggodok atau merebus


Bahan dasar yang telah dilumatkan di rebus ke dalam panci besar, dengan suhu tidak terlalu tinggi.


ƒ  Menakar


Untuk memperoleh khasiat yang sama dalam pembuatan jamu, diperlukan takaran  dari  masing-masing  bahan  baku.  Perasaan  tentang  ketepatan takaran maupun jenis bahan kadang-kadang tidak dapat disamakan untuk peracik jamu antara satu dengan lainnya.


ƒ Menempatkan Jamu



Menempatkan jamu dan memberi label / etiket pada jamu merupakan suatu seni tersendiri. Wadah yang bersih serta bentuk yang "menarik" akan memberi kesan tersendiri. Jika dipasang dengan proporsi yang benar akan mempunyai nilai estetika yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger