Aromaterapi

Pengertian Aromaterapi
Kata aromaterapi artinya ” mengobati dengan menggunakan wewangian ”. Kata ini merujuk kepada penggunaan minyak - minyak sari dalam penyembuhan holistik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan emosional dan dalam memulihkan keseimbangan pada tubuh

 Aromaterapi merupakan sebuah metode penyembuhan dengan menggunakan minyak esensial yang sangat pekat yang seringkali sangat wangi dan diambil dari sari-sari tanaman. Unsur-unsur pokok minyak memberikan aroma atau bau yang sangat khas yang diperoleh dari suatu tanaman tertentu (Geddes, 2000).

Aromaterapi adalah terapi yang menggunakan essential oil atau sari minyak murni untuk membantu memperbaiki atau menjaga kesehatan, membangkitkan semangat, menyegarkan serta menenangkan jiwa dan raga. Aromaterapi memiliki manfaat yang sangat beragam, mulai dari pertolongan pertama sampai membangkitkan rasa gembira (Koensoemardiyah,2009).

Manfaat Aromaterapi
Aromaterapi digunakan untuk mempengaruhi emosi seseorang dan membantu meredakan gejala penyakit. Minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi ini berkhasiat untuk mengurangi stress, melancarkan sirkulasi darah, meredakan nyeri, mengurangi bengkak, menyingkirkan zat racun dari tubuh, mengobati infeksi virus atau bakteri, luka bakar, tekanan darah tinggi, gangguan pernafasan, insomnia (sukar tidur), gangguan pencernaan, dan penyakit lainnya.

Macam - Macam Minyak Esensial

Beberapa minyak sari yang umum digunakan dalam aroma terapi karena sifatnya yang serba guna diantaranya adalah Langon Kleri (Salvia Scarea), Eukaliptus (Eucalyptus Globulus), Geranium (Pelargonium Graveolens), Lavendar (Lavendula Vera Officia nals), Lemon (Citrus Limonem), Peppermint (Mentha Piperita), Petitgrain (Daun Citus Aurantium), dan Rosmari (Rosmarimus Officinals), serta Pohon teh (Melalueca Alternifolia). Dari minyak – minyak esensial tersebut, minyak lavender merupakan minyak esensial yang paling populer. Minyak lavender berasal dari semak yang sangat digemari di daerah mediterania. Istilah lavender berasal dari kata lavandus, yang berarti membersihkan (Koensoemardiyah, 2009).

Minyak lavender sangat aman dan bahkan dapat digunakan tanpa dilarutkan untuk kulit. Minyak lavender juga dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan. Manfaat minyak lavender menurut Geddes & Grosset (2000) adalah merangsang nafsu makan, sebagai tonik dan antispasmodik, menyembuhkan luka bakar ringan dan berat, luka karena sayatan, rasa nyeri, memiliki efek anti septik yang sangat kuat, digunakan dalam banyak persiapan kosmetik, sebagai pengusir serangga, penyembuhan sakit dan nyeri otot, gangguan pernafasan, influensa, gangguan pencernaan, gangguan alat kelamin – buang air seperti Cystitis dan Dysmenorrhoea, sakit kepala dan ketegangan pra menstruasi. Karena banyak sekali khasiatnya, minyak lavender merupakan salah satu minyak terpopuler dalam aromaterapi (Koensoemardiyah, 2009).

Teknik- Teknik Pemberian Aromaterapi
Penyerapan minyak esensial ke dalam system sirkulasi membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk diserap sepenuhnya oleh system tubuh sebelum dikeluarkan kembali melalui paru-paru, kulit dan urine dalam waktu beberapa jam kemudian (Rachmi,2002).

Berikut ini adalah beberapa teknik yang lazim digunakan dalam aromaterapi :
1)   Aromaterapi Inhalasi (menggunakan oil burner)
Penghirupan dianggap sebagai cara penyembuhan paling langsung dan paling cepat, karena molekul- molekul minyak esensial yang mudah menguap tersebut bertindak langsung pada organ-organ penciuman dan langsung dipersepsikan oleh otak. Metode yang populer adalah penghirupan yang dianggap bermanfaat.
Ketika aromaterapi dihirup, molekul yang mudah menguap dari minyak tersebut dibawa oleh arus udara ke “ atap “ hidung di mana silia –silia yang lembut muncul dari sel-sel reseptor. Ketika molekul-molekul itu menempel pada rambut-rambut tersebut, suatu pesan elektrokimia akan ditransmisikan melalui saluran olfactory ke dalam system limbic. Hal ini akan merangsang memori dan respons emosional. Hipotalamus berperan sebagai relay dan regulator, memunculkan pesan-pesan yang harus disampaikan kebagian lain otak serta bagian badan yang lain. Pesan yang diterima itu kemudian diubah menjadi tindakan yang berupa pelepasan senyawa neurokimia yang menyebabkan euphoria, relaks, dan sedative (Koensoemardiyah,2009).
2)   Aromaterapi Masase atau Pijat
Masase merupakan metode perawatan yang paling banyak dikenal dalam kaitannya dengan aroma terapi. Minyak esensial mampu menembus kulit dan terserap ke dalam tubuh, sehingga memberikan pengaruh penyembuhan dna menguntungkan pada berbagai jaringan dan organ internal (Koensoemardiyah,2009).
3)   Aromaterapi Mandi
Mandi yang sebagian besar orang merasakan manfaatnya untuk relaksasi adalah mandi panas yang sebelumnya telah ditambahkan persiapan wewangian yang memiliki kasiat tertentu. Mandi dapat menenangkan dan melemaskan, meredakan sakit dan nyeri dan juga dapat menimbulkan efek rangsangan, menghilangkan keletihan dan mengembalikan tenaga.
4)   Aromaterapi Kompres
Kompres efektif untuk penyembuhan berbagai macam sakit, nyeri otot dan rematik, ruam-ruam dan sakit kepala. Untuk nyeri akut kompres harus diulang – ulang bila telah mencapai blood temperature, jika tidak maka kompres harus dibiarkan pada komposisinya selama minimal dua jam dan yang lebih baik adalah semalam (Geddes, 2000).

Cara Menggunakan Aromaterapi (Aroma Lavender) oil burner.
Lavender membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus bersifat analgesik yaitu mengurangi rasa nyeri. Salah satu cara menggunakan aroma lavender adalah dengan cara pembakaran, dengan menggunakan tungku aromaterapi untuk terapi aroma.
Adapun cara  pembakaran aromaterapi adalah sebagai berikut : mengisi wadah tungku dengan air 5cc, kemudian menambahkan 6 tetes minyak esensial Aroma Lavender dalam air tersebut, selanjutnya menyalakan lilin di bawah mangkuk tersebut sesuai waktu yang diinginkan.

Kontraindikasi Aromaterapi.

Tidak ada kontra indikasi mutlak untuk penggunaan aromaterapi, namun pada beberapa keadaan seperti epilepsy, alergi, dan serangan asma yang berat, aromaterapi diberikan dengan lebih hati-hati dengan pengawasan ahli seperti dokter dan aromaterapis yang berpengalaman. 

1 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger