KEMAMPUAN KOMPUTER

Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.

Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Sebaliknya karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.

Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana
  1. komponennya rusak
  2. Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Suatu istilah komputer yang cukup populer, yaitu GIGO (Garbage In Garbage Out) yang berarti sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. Jadi kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Sebaliknya bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold In Gold Out), emas yang masuk, emas pula yang keluar.

Disamping komputer yang mempunyai kemampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain, yaitu mempunyai ingatan (memori) yang besar.

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MANUSIA DENGAN KOMPUTER

Hal yang dibandingkan
Manusia
Komputer
Kecepatan
Relatif lambat
Sangat cepat
Ketepatan
Mudah salah
Tepat
Daya tahan memproses
Cepat lelah
Tidak kenal lelah
Kemampuan mengingat
Kurang akurat
Akurat
Kemampuan mengikuti perintah
Kurang baik
Baik
Kemampuan berinisiatif dan beradaptasi
Sangat baik
Jelek
Kemampuan membuat pertimbangan dan peramalan
Sangat baik
Jelek






0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger