Contoh Metode Penelitian Skripsi 6

BAB III
METODE PENELITIAN
3.1. Jenis dan Sumber Data
3.1.1. Jenis Penelitian
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh nantinya berupa angka. Dari angka yang diperoleh akan dianalisis lebih lanjut dalam analisis data.

Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel bebas (independent) dan Return On Asset (ROA) sebagai variabel terikat (dependent).

3.1.2. Sumber Data
Sumber data adalah segala sesuatu yang dapat memberikan informasi mengenai data. Berdasarkan sumbernya, data dibedakan menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder.

  1. Data primer yaitu data yang dibuat oleh peneliti untuk maksud khusus menyelesaikan permasalahan yang sedang ditanganinya. Data dikumpulkan sendiri oleh peneliti langsung dari sumber pertama atau tempat objek penelitian dilakukan.
  2. Data sekunder yaitu data yang telah dikumpulkan untuk maksud selain menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Data ini dapat ditemukan dengan cepat. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data sekunder adalah literatur, artikel, jurnal serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan.
Selain data primer, sumber data yang dipakai peneliti adalah sumber data sekunder, data sekunder didapat melalui berbagai sumber yaitu literatur artikel, serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan.

3.2. Populasi dan Sampel
3.2.1. Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi populasi sebenarnya bukan hanya orang tetapi juga objek atau subjek beserta karakteristik atau sifat-sifatnya.

Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bulanan Bank Muamalat periode 2009 sampai 2012 yaitu laporan keuangan.

3.2.2. Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah atau karakteristik tertentu yang diambil dari suatu populasi yang akan diteliti secara rinci. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini sesuai dengan metode yang berlaku sehingga betul- betul representatif. Sampel dari penelitian ini adalah bagian dari jumlah populasi laporan keuangan bulanan Bank Muamalat Cabang Semarang yaitu laporan keuangan bulanan. Sedangkan besarnya sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin.
n =          N      
           1+Ne2

30 =        N      
          1+N(0,1)2

30 =        N     
          1+N 0,01

30 (1 + 0,01 N ) = N
30 + 0,3 N = N
30 = 0,7 N
N = 43
Keterangan :
n = Besaran sampel
N = Besaran populasi
e = Nilai kritis (batas ketelitian) yang diinginkan (persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan penarikan sampel).

3.2.3. Metode Pengambilan Sampel
Metode pengambilan sampel adalah suatu teknik dalam penarikan atau pengambilan sampel penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode times series design, yaitu desain penelitian yang bermaksud untuk mengetahui kestabilan dan kejelasan suatu keadaan yang tidak menentu dan tidak konsisten.

Sesuai dengan desain sampel di atas, maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagian dari jumlah populasi pada laporan keuangan Bank Muamalat selama 30 bulan terakhir.

3.3. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah:
3.3.1. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data dengan cara dokumentasi, yaitu mempelajari dokumen yang berkaitan dengan seluruh data yang diperlukan dalam penelitian. Dokumentasi dari asal kata dokumen yang artinya barang-barang tertulis.52 Di dalam melaksanakan metode dokumentasi, peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti laporan keuangan perusahaan serta dokumen lain dalam perusahaan yang relevan dengan kepentingan penelitian.

3.3.2. Observasi
Untuk mendapatkan data penelitian, penulis melakukan Observasi,53 dengan survey lokasi penelitian yaitu di Bank Muamalat Cabang Semarang dan wawancara langsung pada karyawan di Bank Muamalat Cabang Semarang agar mendapatkan data yang otentik dan spesifik.

3.4. Definisi Operasional
Variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi, variabel adalah konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai, berupa kuantitatif maupun kualitatif yang nilainya dapat berubah-ubah.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, variabel independen yaitu risiko pembiayaan dan variabel dependen yaitu profitabilitas. Variabel risiko pembiayaan terdiri yaitu, NPF (Non Performing Financing) sebagai variabel (X) dan variabel profitabilitas yaitu ROA (Return On Asset) sebagai variabel (Y).

3.5. Metode Analisis Data
Metode analisis data adalah suatu metode yang digunakan untuk mengolah hasil penelitian guna memperoleh suatu kesimpulan. Dengan melihat kerangka pemikiran teoritis, maka teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh risiko pembiayaan terhadap profitabilitas, menggunakan analisis regresi linier sederhana.

3.5.1. Uji Normalitas
Sebelum data diuji dengan analisis regresi linier, terlebih dahulu akan diuji dengan uji normalitas, dengan tujuan untuk menguji apakah dalam model regresi, variabel terikat dan variabel bebas keduanya mempunyai distribusi normal atau tidak, model regresi yang baik adalah memiliki distribusi data normal atau mendekati normal. Kalau asumsi ini dilanggar maka uji statistik menjadi tidak valid untuk jumlah sampel kecil.

Uji normalitas dapat dilakukan dengan melihat normal probability plot yang membandingkan distribusi kumulatif dari data sesungguhnya dengan distribusi kumulatif dari distribusi normal. Distribusi normal akan membentuk satu garis lurus diagonal. Jika distribusi data normal maka garis akan menggambarkan data yang sesungguhnya akan mengikuti garis diagonalnya.

3.5.2. Analisis Regresi Linier Sederhana
Pada analisis regresi linier sederhana ini, sebelumnya akan dicari persamaan regresi linier yang dirumuskan sebagai berikut:
Ỳ = a + bX
Keterangan:
Ỳ = ROA
a = Konstanta

X = NPF
b = Koefisien regresi.55
Dimana untuk melakukan proses penghitungan, terlebih dahulu mencari nilai konstan (b) dari (ROA) dan koefisien regresi (a) 

3.6. Pengujian Hipotesis
Untuk suatu media yang digunakan oleh peneliti untuk mengetahui apakah suatu hipotesis atau dugaan sementara atas suatu variabel X terhadap variabel Y ada pengaruh atau tidak ada pengaruh. Dari hipotesis yang telah ditetapkan; “Risiko pembiayaan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas (ROA) pada Bank Muamalat Cabang Semarang” maka kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis dirumuskan sebagai berikut:
  1. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier, jika nilai koefisien regresi b memiliki tanda negatif (-) maka hipotesis Ho diterima dan menolak Ha.
  2. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier, jika nilai koefisien regresi b memiliki tanda positif (+) maka hipotesis Ha diterima dan menolak Ho.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger