1. Perencanaan, dengan langkah-langkah menyusun perencanaan pembelajaran yang terdiri dari:
- Pemetaan Kompetensi Dasar
- Penentuan topik atau tema
- Penjabaran kompetensi dasar ke dalam indikator yang sesuai dengan topik/ tema
- Penyusunan desain/ rencana pelaksanaan pembelajaran.
2. Model Pelaksanaan Pembelajaran yang terdiri dari:
- Kegiatan pendahuluan (awal)
- Kegiatan inti pembelajaran
- Kegiatan akhir (penutup) dan tindak lanjut
3. Penilaian dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Tahapan penilaian
- Penentuan kriteria penuntasan belajar
Aplikasinya pembelajaran terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sebagai berikut:
a. Terhadap Guru;
Untuk mengajar IPS terpadu disekolah, gurunya boleh berupa Team teaching atau guru tunggal.
b. Terhadap peserta didik;
Mengembangkan kreatifitas akademik dan mempermudah dan memotivasi siswa untuk mengenal, menerima, menyerap dan memahami keterkaitan antara konsep/ pengetahuan, nilai/ tindakan yang terdapat dalam kompetensi dasar dan beberapa indikator
c. Bahan Ajar
Guru dituntut untuk rajin dan kreatif mencari dan mengumpulkan bahan –bahan yang diperlukan dalam pembelajaran seperti; Sarana dan Prasarana Guru harus memilih secara jeli terhadap penggunaan media supaya dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh berbagai bidang studi yang terkait, dan merupakan tantangan berat karena masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat.
0 komentar:
Posting Komentar