Karakteristik dan Tipe - Tipe Hotel

Produk bisnis perhotelan mempunyai empat karakteristik khusus, yaitu: produk nyata (tangible), tidak nyata (intangible), bersifat ”perishable” dan ”non perishable”. Produk yang bersifat nyata antara lain kamar, makanan, minuman, kolam renang dan sebagainya. Produk yang bersifat tidak nyata, antara lain keramah-tamahan, kenyamanan, keindahan, keamanan dan sebagainya. Produk bersifat perishable artinya bahwa produk tersebut hanya bisa dijual saat ini adalah produk tidak tahan lama yang dapat disimpan di gudang. Contohnya kamar hotel, bahan makanan segar yang tidak dapat disimpan seperti sayur-mayur. Produk yang bersifat non perishable misalnya minuman keras, soft drink, perlengkapan tamu (guest supply and amenities).

Bisnis hotel mempunyai tujuan yaitu mendapatkan pendapatan seoptimal mungkin melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan tamu (guest need & wants). Kepuasan tamu menjadi sasaran pelayanan untuk membentuk citra hotel yang baik dan sekaligus menjamin keberadaan hotel dalam jangka panjang.

Hotel dapat dikelompokkan ke dalam beberapa tipe/kategori. Pada tabel 2.1 dapat dilihat berbagai tipe/kategori hotel tersebut.
Tabel 2.1 Tipe / Kategori Hotel

Hotel Berdasarkan Plan 
Beberapa macam hotel Plan Usage, antara lain: 
a. American Plan
Sistem perencanaan harga kamar di mana harga yang dibayarkan sudah termasuk harga kamar itu sendiri ditambah dengan harga makan (meals). American Plan dibagi menjadi dua bagian, yaitu: 
  • Full American Plan (FAP) Harga kamar sudah termasuk tiga kali makan (pagi, siang dan malam) 
  • Modified American Plan (MAP) Harga kamar sudah termasuk dengan dua kali makan, di mana salah satu di antaranya harus makan pagi (breakfast), seperti: ¾ Kamar + makan pagi + makan siang ¾ Kamar + makan pagi + makan malam 


b. Continental Plan/Bermuda Plan 
Adalah perencanaan harga kamar di mana harga kamar tersebut sudah termasuk dengan kontinental breakfast. 

c. European Plan 
Tamu yang menginap hanya membayar untuk kamar saja. Keistimewaannya: 
  • Praktis, banyak digunakan oleh hotel-hotel 
  • Memudahkan system billing (Pembayaraan saat check out)

Hotel Berdasarkan Ukuran 
Klasifikasi hotel berdasarkan ukurannya dapat ditentukan berdasarkan jumlah kamar yang ada. Ukuran hotel diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu: 
a. Small hotel 
Small hotel adalah hotel kecil dengan jumlah kamar di bawah 150 kamar 

b. Medium hotel 
Adalah hotel dengan ukuran sedang, di mana dalam medium hotel ini dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu: 
  • Average hotel : jumlah kamar antara 150 sd. 299 kamar. 
  • Above average hotel : jumlah kamar antara 300 sd. 600 kamar. 

c. Large Hotel 
Large hotel adalah hotel dengan klasifikasi sebagai hotel besar dengan jumlah kamar diatas 600 (enam ratus) kamar.


Berdasarkan Lokasi 
Klasifikasi hotel berdasarkan factor lokasi dapat dibagi menjadi: 
a. City hotel 
Hotel yang terletak di dalam kota, di mana sebagaian besar tamunya yang menginap adalah memiliki kegiatan berbisnis. Gambar 2.7 adalah salah satu contoh kamar business hotel, dengan writing table berbentuk L yang dapat dipergunakan sebagai sarana kerja yang cukup nyaman.

b. Resort Hotel 
Adalah hotel yang terletak di kawasan wisata, di mana sebagian besar tamunya tidak melakukan kegiatan bisnis, tetapi lebih banyak rekreasi. Macam-macam resort berdasarkan lokasi: 
  • Mountain Hotel (hotel yang berada di pegunungan)
  • Beach Hotel (hotel yang berada di daerah pantai)
  • Lake Hotel (hotel yang berada di pinggir danau)
  • Hill Hotel (hotel yang berada di puncak bukit) 
  • Forest Hotel (hotel yang berada di kawasan hutan lindung)
Hotel Berdasarkan Area 
a. Suburb Hotel 
Hotel yang berlokasi di pinggiran kota, yang merupakan kota satelit yaitu pertemuan antara dua kota madya.
b. Airport Hotel 
Adalah hotel yang berada dalam satu kompleks bangunan atau area pelabuhan udara atau sekitar bandar udara. 
c. Urban Hotel 
Adalah hotel yang berlokasi di pedesaan dan jauh dari kota besar atau hotel yang terletak di daerah perkotaan yang baru, yang tadinya masih berupa desa.

Berdasarkan Maksud Kunjungan 
Klasifikasi hotel berdasarkan maksud kunjungan selama menginap, adalah sebagai berikut. 
a. Business hotel 
Hotel yang tamunya sebagain besar berbisnis, di sini biasanya menyediakan ruang-ruang meeting dan convensi. 
b. Resort/Tourism Hotel 
Hotel yang kebanyakan tamunya adalah para wisatawan, baik domestik maupun manca negara. 
c. Casino hotel 
Adalah hotel yang sebagian tempatnya berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan berjudi. 
d. Pilgrim hotel 
Hotel yang sebagian tempatnya berfungsi sebagai fasilitas beribadah. Seperti hotel-hotel di Arab (pada saat musim haji) dan Lourdes di Perancis. 
e. Cure Hotel 
Adalah hotel yang tamu-tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau penyembuhan dari suatu penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger