“The internet provides a synthesis of computing and communication
capabilities that adds value to every part of the business cycle”
(Cronin,1995). Keuntungan yang diperoleh dari berbisnis lewat internet
dapat dilihat pada Gambar 5, merupakan kesimpulan yang diperoleh
bisnis lewat internet dari 100 perusahaan pengguna internet peringkat
tertinggi. Dari Gambar 5 juga dapat dilihat persentase tertinggi adalah penghematan
biaya (35%), karena aplikasi yang diterapkan pada teknologi internet lebih
murah untuk dikembangkan, dioperasikan, dan dirawat, jika dibandingkan dengan
sistem tradisional. Contoh: American Airlines menghemat biaya konsumen
support, setelah pembuatan situs Web dibandingkan biaya telepon
(Gow, 1997).
Tujuan perusahaan membangun situs komersial pada World Wide Web adalah:
- Menarik konsumen baru melalui pemasaran dan periklanan Web.
- Memperbaiki pelayanan konsumen yang sudah ada melalui fungsi pelayanan dan dukungan Web konsumen.
- Mengembangkan saluran pemasaran dan distribusi berdasarkan Web yang baru untuk produk yang sudah ada.
- Mengembangkan informasi baru dari produk yang dapat diakses lewat Web.
Aplikasi berdasarkan internet dapat memberi keunggulan strategi
bisnis untuk memenangkan kompetisi dalam:
a. Global Dissemination. Karena sekarang negara-negara sudah
tersambung dengan internet, komunikasi global dalam bisnis menjadi
benar-benar hidup. E-mail, electronic mailing list, situs World
Wide Web, dan pelayanan internet lainnya, mengakibatkan penyebaran
informasi sekala internasional menjadi lebih cepat, murah dan mudah. Hal ini
memberi keuntungan strategi bisnis dalam meningkatkan penghematan dan efisiensi
komunikasi global, dan mampu untuk menjangkau, menjual, serta pengembangan
pelayanan pasar konsumen internasional.
b. Interaction. Komunikasi interaktif adalah kemampuan internet
yang lain, seperti: forum diskusi dan chat groups; Formulir interaktif
untuk pesanan, feedback, dan dukungan teknis; E-mail untuk
menjawab permintaan dan komentar secara on-line. Feedback yang
cepat dan efisien kepada konsumen dan tanggapan dari konsumen support specialists
memberi beberapa kesempatan untuk menunjukkan perhatian perusahaan pada
konsumennya. Sehingga teknologi internet membantu bisnis membangun
peranan dan loyalitas konsumen.
c. Customization. Kemampuan untuk mengotomatisasi penyediaan
informasi dan pelayanan sesuai kebutuhan masing-masing konsumen, merupakan
kemampuan strategi bisnis internet. Informasi dapat diakses dan
disebarkan dari server jaringan, tergantung pada kebutuhan pemakainya.
Sebagai contoh: mengisi formulir pendaftaran untuk pengaksesan yang cepat dalam
memilih tingkat situs Web. Efisiensi, biaya murah, dan sasaran pemasaran
interaktif kepada masing-masing konsumen adalah kunci keunggulan bisnis dengan
teknologi internet.
d. Collaboration. Internet mungkin memudahkan dan
mengefisienkan akses data, hardware dan software yang ada pada
jaringan secara bersama. Sebagai contoh: informasi pada situs Web dapat
diperoleh dengan mudah menggunakan Web browsers. Groupware
tools yang lain membantu koordinasi proyek dan mengurus informasi yang
disimpan pada server situs Web cross-link. Hal ini dapat meningkatkan kerja sama diantara
tim, workgroups, dan rekan bisnis, sehingga dapat melengkapi peran
strategi bisnis perusahaan.
e. Electronic Commerce. Internet menjadi platform teknologi
EC. Internet menghubungkan perusahaan dengan konsumen dan penjualnya, sehingga
memungkinkan perusahaan pengguna internet dapat memasarkan, membeli,
menjual, serta mendukung produk dan pelayanan secara elektronik. Beberapa
keuntungan berbisnis lewat internet terletak pada aplikasi EC. EC
memungkinkan untuk membuka pasar dan/atau membuat produk dan pelayanan
baru.
f. Integration. Perusahaan yang bekerja menggunakan internet
mengintegrasikan aktivitas di luar dengan proses bisnis di dalam perusahaan
secara online. Sebagai contoh: situs Web perusahaan tersambung
dengan database operasional yang tersimpan pada Server Web Intranet,
sehingga pengunjung situs Web perusahaan tersebut dalam memperoleh informasi
lebih detil, up-to-date, dan dapat digunakan untuk mendukung aplikasi
EC. Sehingga keuntungan perusahaan dari teknologi internet timbul dari
efisiensi dan inovasi proses di dalam dan luar perusahaan.
KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH KONSUMEN DARI INTERNET
“The driving force behind world economic growth has changed from manufacturing
volume to improving konsumen value. As a result, the key success factor for
many firms is maximizing konsumen value” (Cronin, 1995). Untuk beberapa perusahaan,
keuntungan yang diperoleh dari internet ditimbulkan dari kemampuan menjaga
loyalitas konsumen, mengantisipasi kebutuhan konsumen mendatang, menanggapi
kepedulian konsumen, dan memperbaiki pelayanan konsumen. Dari sudut pandang
konsumen, perusahaan secara konsisten dapat memberikan yang terbaik, dengan
menjaga kebutuhan masing-masing konsumen, mempertahankan kecenderungan
pasar, menyediakan informasi yang ada hubungannya secara menarik, sewaktu-waktu,
dimana saja dalam beberapa media, dan menyediakan pelayanan sesuai
dengan kebutuhan konsumen.
Hal tersebut di atas menunjukkan alasan kenapa begitu banyak
perusahaan berinvestasi pada teknologi informasi cukup tinggi dan sistem
komplek yang saling tersambung dengan jaringan komputer, mengingat
perusahaan sedang mencari konsumennya lewat internet. Karena
kebutuhan konsumen berkembang sangat cepat, perusahaan berharap dapat
berkomunikasi dengan konsumennya lewat internet. Sehingga internet
menjadi strategi dan memberi kesempatan kepada perusahaan besar dan
kecil untuk menawarkan secara cepat dengan biaya murah, menanggapi produk dan
pelayanan dengan kualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Internet membuat
channel baru untuk komunikasi interaktif antara kosumen, penjual,
dan rekan bisnis lainnya. Hal
ini memungkinkan perusahaan berinteraksi dan bekerja sama secara terus
menerus dalam pengembangan produk, pemasaran, pengiriman, pelayanan, dan
dukungan teknik.
0 komentar:
Posting Komentar