Pengembangan Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif, di dalam mencakup; merencanakan, penerapan dan evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal membangun kurikulum ketika pekerja kurikulum membuat keputusan dan mengambil tindakan untuk menghasilkan perencanaan yang akan digunakan oleh guru dan peserta didik. Penerapan kurikulum atau biasa disebut implementasi kurikulum berusaha mentransfer perencanaan kurikulum kedalam tindakan operasional. Evaluasi kurikulum merupakan tahap akhir dari pengembangan kurikulum untuk menentukan seberapa besaran hasil-hasil pembelajaran, tingkat ketercapaian programprogram yang telah direncanakan, dari hasil kurikulum itu sendiri.. Dalam pengembangan kurikulum tidak hanya melibatkan orang yang terkait langsung dengan dunia pendidikan saja, namun di dalamnya melibatkan banyak orang, seperti : politikus, pengusaha, orang tua peserta didik, serta unsur-unsur masyarakat lainnya yang merasa berkepentingan dengan pendidikan.

Prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan kurikulum menurut berbagai ahli seperti halnya : 
Pendapat Sukmadinata, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dibagi kedalam dua kelompok, yaitu 

  1. Prinsip umum; relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, praktis dan efektivitas. 
  2. Prinsip khusus; berkenaan dengan tujuan pendidikan, pemilihan isi pendidikan, pemilihan proses belajar mengajar, media alat pelajaran, prinsip kegiatan penilaian (Sukmadinata, 2001 : 45-48). 


Asep Heri Hernawan dkk (2002 : 55-56) mengemukakan lima prinsip dalam mengembangkan kurikulum, yaitu : 

  • Prinsip relevansi, yaitu kurikulum itu memiliki hubungan dengan komponen kurikulum yang lainnya (tujuan, bahan, strategi, organisasi, dan ( evaluasi) 
  • Prinsip fleksibilitas, dalam pengembangan kurikulum diharapkan bersifat luwes. 
  • Prinsip kontinuitas, yaitu adanya kesinambungan dalam kurikulum baik secara vertikal maupun horisontal. 
  • Prinsip efisiensi, yakni mengusahakan agar dalam mengembangkan kurikulum dapat mendayagunakan waktu, biaya dan sumber lainnya. 
  • Prinsip efektivitas, yaitu mengusahakan agar pengembangan kurikulum mencapai tujuan tanpa ada kegiatan yang mubazir.  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger