a. Tujuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Dalam mengembangkan kompetensi yang akan disampaikan kepada
Tujuan utama kurikulum berbasis kompetensi adalah memandirikan atau
memberdayakan sekolah peserta didik sesuai dengan kondisi lingkungan.
Kurikulum berbasis kompetensi dapat diterapkan pada setiap jenis dan jenjang
pendidikan dan pada berbagai ranah pendidikan. Meskipun demikian,
kurikulum ini tidak dapat digunakan untuk memecahkan seluruh permasalahan
pendidikan, akan tetapi memberi makna yang lebih signifikan kepada
perbaikan pendidikan.
Melihat betapa pentingnya kurikulum berbasis kompetensi yang dapat
membekali peserta didik dengan berbagai kemampuan sesuai dengan tuntutan
zaman, maka diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa
khususnya dalam bidang pendidikan dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan, pelaksanaan materi dan evaluasi terhadap sistem
pendidikan secara efektif, efisien dan tepat hasil guna.
Tetapi realita yang ada di negara Indonesia tentang pendidikan nasional
kita masih berada dalam keadaan terpuruk dan jauh dari harapan. Masalah
besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan.
Banyak indikator tentang rendahnya mutu antara lain produk pendidikan yang
kurang mampu bersaing di pasar global, kurang mampu mensolusi masalah
yang dihadapi bangsa dan kurang mampu menunjukkan kebermanfaatan sosial
secara optimal. Tuntutan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu
tuntutan dunia pendidikan karena kualitas terdidik akan tergali ketika potensipotensi
yang dimilikinya terjadi sebuah penyatuan secara komprehensif.
Pendidikan di negara ini belum mampu mengembangkan ketrampilan baik
dasar maupun terpakai ( Mulyasa, 2003 : 12).
b. Tujuan KTSP
KTSP merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi di
bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan
pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan di masa
sekarang dan yang akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal,
nasional dan tuntutan global dengan semangat manajemen berbasis sekolah
(MBS). Adapun tujuan KTSP disusun sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di tingkat satuan
pendidikan. Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan adalah tahapan atau
langkah untuk mewujudkan visi sekolah dalam jangka waktu tertentu. Tujuan tingkat satuan pendidikan merupakan rumusan mengenai apa yang diinginkan
pada kurun waktu tertentu (Depdiknas, 2007 : 7).
0 komentar:
Posting Komentar