Ditinjaudari
berbagai sudut pandang, maka terdapat beberapa kesamaan konsep antara
administrasi dan manajemen. Hal-hal inilah yang memungkinkan beberapa ahli
memandang sama antara administrasi dan manajemen. Hal-hal yang dimaksud menurut
Silalahi (1989) adalah sebagai berikut:
1. Kesamaan sifat.
Baik administrasi maupun
manajemen memiliki sifat-sifat yang sama antara lain:
- bersifat seni dan ilmu;
- dinamik, artinya keduanya berkembang sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, kebudayaan, teknologi;
- integratif, artinya keduanya memiliki kemampuan mengintegrasikan diri dari kecenderungan munculnya disintegrasi dan spesialisasi dari berbagai disiplin keilmuan;
- bersifat normatif, artinya kegiatan-kegiatannya didasarkan pada nilai-nilai, etika, prosedur, tata urutan;
- bersifat teleologi, artinya keduanya memberi kemampuan memprediksi kemumgkinan yang akan timbul dari kegiatan kerjasama sehingga apa yang direncanakan cenderung akan tercapai.
2.
Kesamaan prinsip
Prinsip yang dimaksud di
sini ialah efisiensi dan efektivitas usaha kegiatan kerjasama dalam pencapaian
tujuan.
3. Kesamaan Ciri atau karakteristik
Dalam hal, ini antara lain adanya:
a.
Sekelompok
orang
b.
Kerja
sama atas dasa pembagian kerja
c.
Berlangsung
dalam organisasi
d.
Adanya
tujuan
4.
Kesamaan Sarana (tools)
Baik administrasi maupun manajemen keduanya menggunakan sarana seperti
orang, metode, uang, peralatan, mesin, serta organisasi sebagai wadah
berlangsungnya kegiatan.
5. Kesamaan fungsi
Administrasi dan manajemen dalam
mencapai tujuan berlangsung dalam proses kegiatan melalui pelaksanaan
fungsi-fungsi seperti: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
pengawasan.
Meskipun terdapat
kesamaan konsep diantara keduanya, akan
tetapi keduanya mempunyai perbedaan
tugas dan fungsi di dalam organisai. Administrasi mempunyai tugas dan fungsi
yang lebih luas dari pada manajemen, yakni menentukan tujuan menyeluruh yang
hendak dicapai organisasi, dan menentukan kebijaksanaan umum yang mengikat
seluruh organisasi. Sedang manajemen melakukan semua kegiatan yang diperlukan
dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapka pada tingkat administrasi.
Pandangan yang demikian ini di anut oleh orang-orang akademis. Bagi orang-orang
praktisi, banyak yang melihat keduanya sama–sama diguanakan dalam organisasi,
dimana istilah administrasi lebih luas dipakai dalam aktivitas-aktivitas
oraganisasi non provit seperti organisasi pemerintahan, organisasi sosial.
Sedang istilah manajemen banyak dipakai oleh organisasi profit atau pada
organisasi-organisasi perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar