Ada
tiga ciri khas yang terkandung dalam sistem pembelajaran, antara lain adalah:
1. Rencana, ialah penataan ketenagaan, material, dan
prosedur, yang merupakan unsur-unsur sistem pembelajaran, dalam suatu rencana
khusus.
2.
Kesaling tergantungan (interdependence), antara
unsur-unsur sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu kescluruhan. Tiap unsur
bersifat essensial, dan memberikan sumbangannya kepada sistem pembelajaran.
3.
Tujuan, sistem pembelajaran mempunyai tujuan tertentu
yang hendak dicapai. Ciri ini menjadi dasar perbedaan antara sistem yang dibuat
oleh manusia dan sistem yang alami (natural). Sistem yang dibual oleh manusia,
seperti: sistem transportasi, sistem komunikasi, sistem pemerintahan, semuanya
memiliki tujuan. Sistim alami (natural) seperti sistem ekologi, sistem kehidupan
hewan, memiliki unsur-unsur yang saling ketergantungan satu sama lain, disusun
sesuai dengan rencana tertentu, tetapi tidak mempunyai tujuan tertentu. Tujuan
sistem menuntun proses merancang sistem. Tujuan sistem pembelajaran agar siswa
belajar. Tugas seorang perancang sistem ialah mengorganisasi tenaga. material,
dan prosedur, agar siswa belajar secara efisien dan efektif. Dengan proses
mendisain sistem pembelajaran si perancang membuat rancangan untuk memberikan
kemudahan dalam upaya mencapai tujuan sistem pembelajaran tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar