Pembelajaran
dimaksudkan terciptanya suasana sehingga siswaa belajar. Tujuan pembelajaran
haruslah menunjang dan dalam tercapainya tujuan belajar.
Dahulu,
ketika pembelajaran dimaksudkan sebagai kadar penyampaian ilmu pengetahuan,
pembelajaran tak terkait dengan blajar. termasuk tujuannya. Sebab, jika guru
telah menyampaikan ilmu pengetahuan. tercapailah maksud atau tujuan
pembelajaran tersebut.
Pembelajaran
model dahulu itu, memang tidak dicoba terkaitkan dengan belajar itu sendiri.
Pembelajaran lebih onsentrasi pada kegiatan guru dan tidak terkonsentrasi pada
kegiatan siswa.
Jika
pada masa sekarang ini pembelajaran dicoba terkaitkan dengan belajar, maka
dalam merancang aktivitas pembelajaran, guru harus belajar dari aktivitas
belajar siswa. Aktivitas belajar siswa harus dijadikan titik tolak dalam
merancang pembelajaran.
Implikasi
dari adanya keterkaitan antara kegiatan pembelajaran dan kegiatan belajar siswa
tersebut adalah usunnya tujuan pembelajaran yang dapat menunjang apainya tujuan
belajar. Muatan-muatan yang termaktub dalam tujuan belajar, haruslah termaktub
juga dalam tujuan pembelajaran.
Dari
contoh yang disebutkan tersebut sangatlah jelas, bahwa tujuan pembelajaran yang
kongruen dengan tujuan belajar siswa adalah :
- Punya kesamaan tercapainya tujuan dari segi waktu, yaitu setelah siswa belajar dan atau dibelajarkan.
- Punya kesamaan tercapainya tujuan dari segi substansinya, aitu siswa bisa "apa" setelah belajar dan atau dibelajarkan.
- Punya kesamaan tercapainya tujuan dari segi cara mencapainya.
- Punya kesamaan takaran dalam pencapaian tujuan.
- Punya kesamaan dari segi pusat kegiatan, yaitu sama-sama berada pada diri siswa.
Agar
tujuan pembelajaran yang kongruen dengan tujuan belajar tersebut jelas, berikut
disajikan contoh tujuan pembelajaran yang tidak kongruen dengan tujuan belajar
:
Contoh yang
disebutkan tersebut, jelas menunjukkan tidak kongruen antara tujuan
pembelajaran dengan tujuan belajar. Oleh karena itu tujuan pembelajaran
demikian ini tidak menunjang pencapaian tujuan belajar. Ada perbedaan titik
tekan antara tujuan belajar dengan tujuan pembelajaran. Pada contoh pertama dan
kedua. substansi tujuan belajar telah dikacaukan oleh substansi tujuan
pembelajaran. Sedangkan pada contoh ketiga dan keempat. tujuan belajar telah
dikacaukan oleh tujuan pembelajaran dari segi cara penyampaiannya.
0 komentar:
Posting Komentar