”WE DO NOT HAVE A SECOND CHANCE TO GIVE GOOD IM PRESSION TO OUR GUESTS” (Kita tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan impresi yang baik kepada para tamu kita).
Kantor depan hotel(front office) secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya. Oleh sebab itu, bagian ini disebut dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut.
- Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun.
- Meningkatkan jumlah tamu langganan.
- Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu.
- Membentuk citra hotel yang positif.
Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel. Fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor depan sehari-hari. Adapun fungsi-fungsi tersebut sebagai berikut.
- Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar.
- Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan, dan aktivitas yang ada di hotel maupun di luar hotel.
- Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal.
- Melaporkan status kamar yang terkini.
- Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu.
- Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel.
- Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu.
- Memberikan pelayanan barang bawaan tamu.
- Menyelesaikan keluhan tamu
Fungsi Kantor Depan Hotel
Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam
hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang
diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel, dan pendapatan yang maksimal.
Peranan itu antara lain:
a. Pemberi informasi
Petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas,
benar, dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada di
hotel maupun di luar hotel. Informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk
tamu, tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega/teman sejawat lainnya.
b. Penjual (sales person)
Petugas kantor depan diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain dikarenakan
fungsi utama menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian yang sering
berhubungan langsung dengan tamu hotel.
c. Wakil manajemen
Petugas kantor depan dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil
manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam
kerja manajemen.
d. Penyimpan data
Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh
petugas kantor depan dan penyimpanan data tersebut juga di bagian kantor
depan. Oleh sebab itu, data yang dibuat dan disimpan harus selalu terkini,
sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat
untuk masa yang akan datang.
e. Diplomatis
Petugas kantor depan pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu
melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan
yang baik dengan tamu dan pihak lain.
f. Pemecah masalah
Petugas kantor depan diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami
oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.
g. Humas
Petugas kantor depan berperan secara baik, aktif dalam berhubungan dengan
tamu, dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis dan
berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik.
0 komentar:
Posting Komentar