Penanganan check-out untuk tamu perorangan

Penanganan tamu individu berangkat sebagai berikut.

  • Tamu yang akan meninggalkan hotel atau mau check-out kebanyakan akan menghubungi front desk dengan menyatakan bahwa ia siap untuk berangkat. 
  • Reception mencatat nomor kamar dan memeriksanya ke sistem komputer. Langkah berikutnya adalah menelpon bellboy untuk pergi ke kamar dan mengambil barang bawaan. Di samping itu, reception juga memberitahukan kepada housekeeping, room service, telephone operator agar mereka juga memperhatikan jika ada tamu yang melakukan transaksi di outlet departemen yang ditelepon tadi untuk segera memberi tahu dan mengirim ke front desk, sehingga semua transaksi tamu, selama tinggal di hotel tidak ada yang terlewat
  • Bellboy siap menuju ke kamar. Setelah sampai di kamar mengatakan “bellboy please” dengan standar mengetuk atau menekan bell sebanyak tiga kali dan menunggu sampai pintu kamar dibuka oleh tamu. 
  • Bellboy memberi salam/melakukan greeting dengan ramah, sopan dan senyum serta menyampaikan bahwa ia siap membantu tamu yang akan berangkat meninggalkan hotel, dengan menawarkan bantuan jika ada barangnya yang perlu dibawakan. Bellboy mengambil barang- barang tamu yang siap diatur, membantu tamu memeriksa kamar, dan kamar mandi. Apakah ada barangbarang tamu yang tertinggal sekaligus sambil memeriksa barang hotel yang rusak atau hilang serta memeriksa mini bar apakah ada minuman yang kurang atau dikonsumsi oleh tamu dan dilaporkan ke front desk agent. 
  • Sebelum meninggalkan kamar, bellboy mematikan semua lampu di kamar, mematikan tv, radio, mengunci kamar, dan membawa kuncinya kalau ditinggalkan oleh tamu. Jika hotel telah menggunakan sistem key card, maka room boy akan mencabut kunci yang berupa kartu dari panel power listrik untuk kamar, yang letaknya di dekat pintu kamar. Dengan mencabut kartu dari panelnya maka secara otomatis keseluruhan alat elektrik, seperti tv, radio, lampu, maupun AC akan mati. 
  • Mengantar tamu menuju elevator dan mempersilakan tamu masuk ke elevator terlebih dahulu diikuti oleh bellboy dengan barang-barang menuju lobby. 
  • Bellboy mempersilakan tamu keluar elevator terlebih dahulu dengan barangbarang dan menunjukkan arah menuju receptionis untuk menyelesaikan pembayarannya. 
  • Receptionis yang bertugas menelpon housekeeping, restaurant/bar cashier dan room service untuk menanyakan apakah masih ada bill tertinggal agar segera dikirim ke receptionis karena tamu dari nomor kamar tertentu telah meninggalkan kamarnya untuk check-out dan menyelesaikan semua biaya selama menginap di hotel. 
  • Pada saat tamu tiba di counter receptionis, petugas menyapa dengan sopan, tersenyum ramah dan memastikan nomor kamar tamu tersebut dan menyebut nama tamunya, bila memungkinkan. 
  • Receptionis akan membuat bill tamu tersebut menjadi nol dengan memposting di dalam sistem pencetak bill. Kemudian, menyerahkan tanda lunas pembayaran kepada tamu untuk diteliti sebelum membayar.
  • Tamu akan memeriksa bill itu terlebih dahulu. Kemudian, personal bill dibayar secara tunai dan master bill ditandatangani saja dan dilampiri voucher. 
  • Setelah menyelesaikan pembayaran di reception, tamu menyerahkan kunci kamarnya sambil menanyakan apakah masih ada surat atau pesanan yang mungkin tertinggal. Kalau ada langsung disampaikan kepada tamu tersebut. Jika di hotel mempunyai fasilitas safe deposit box, maka reception sebaiknya menanyakan apakah tidak ada barang yang tertinggal di safe deposit box. 
  • Reception menyampaikan terima kasih atas kunjungan tamu tersebut ke hotel dan mengharapkan di lain waktu agar kembali lagi. Kemudian, recepsionist mengucapkan selamat jalan. 
  • Setelah semuanya selesai termasuk barang-barang tamu yang ada di safe deposit box dikeluarkan dan diserahkan kepada tamu, bellboy mengantarkan tamu menuju main entrance. 
  • Doorman membuka pintu kendaraan yang sudah siap di main entrance dan menyapa tamu dengan senyum ramah. 
  • Bellboy langsung memasukkan semua barang-barang tamu ke bagasi kendaraan dan minta agar tamu memeriksa sebelum bagasi kendaraan ditutup agar jangan ada yang dianggap masih tertinggal di hotel. 
  • Bellboy mengucapkan terima kasih atas kunjungan tamu tersebut dan menyampaikan selamat jalan serta mengharapkan kedatangannya di lain waktu mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger