Prosedur/tahapan penanganan check in untuk tamu perorangan adalah
sebagai berikut:
1. Tamu yang datang di hotel
Setelah kendaraan pengantar mereka memasuki lobby, maka akan
disambut oleh seorang doorman untuk membukakan pintu, menyampaikan
selamat datang dan menawarkan untuk menurunkan barang bawaannya
dari bagasi mobil. Setelah ada tanda persetujuan dari tamu, doorman
akan meminta bellboy untuk menurunkan barang tamu dari mobil dan
disimpan di atas luggage trolley sampai ke depan pintu utama hotel atau
ada yang menempatkan barang bawaan tamu didekat reception counter
sambil menanti tamu untuk melakukan registrasi. Dengan suatu alasan
bahwa tamu sering mencari barangnya, mulai dari passpor, tanda
pengenal diri sampai uang serta barang penting lainnya biasanya ada di
salah satu tas yang dibawakan bellboy.
2. Bellboy mengarahkan atau mengantarkan tamu ke reception counter atau
front desk. Sampai di counter, tamu akan disambut oleh receptionis dengan
ucapan selamat datang dan menawarkan bantuan sambil tersenyum. Di
front office counter, receptionist akan menanyakan apakah tamu sudah
melakukan pemesanan kamar atau belum. Pertanyaan selanjutnya adalah,
apakah reservasi yang dilakukan itu melalui perusahaannya atau travel agent.
Jika tamu menyatakan telah melakukan pemesanan kamar sebelumnya
maka reception akan mencari data tentang pemesanan yang telah dibuat
untuk mempercepat proses check-in
3. Jika tamu sudah melakukan pemesanan kamar, maka petugas reception
akan memastikan pemesanan kamarnya dan melihat metode
pembayarannya. Jika pembayarannya menjadi tanggungan perusahaan
maka petugas akan menanyakan surat jaminan yang berupa guarantee
etter (GL), atau travel agent voucher.
4. Mengisi registration form dengan cara meminjam identitas tamu yang
dapat berupa passpor, KTP, SIM.
5. Menyiapkan guest card dan key card, dan menerangkan check-out time
dan beberapa fasilitas penting.
6. Memberikan kupon sarapan dan kupon lain serta menerangkan
kegunaanya.
7. Reception mengucapkan selamat beristirahat
0 komentar:
Posting Komentar