Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran terbagi menjadi 3 tahap, yaitu:
Tahap Prelaunch
tahap ini dilakukan sebelum produk SSPS diluncurkan. Tujuan dari tahapan pemasaran ini adalah memperkenalkan nama SSPS sekaligus menjaring aspirasi dari pengguna. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan selama tahapan prelaunch antara lain: 

  • Direct Marketing: Produk baru kami tentunya masih belum dikenal oleh calon konsumen, untuk itu perlu dilakukan promosi secara langsung ke beberapa perguruan tinggi. Agar dekat dengan lokasi home base kami, maka dipilih beberapa perguruan tinggi di sekitar surabaya atau jawatimur yang potensial untuk menjadi mitra. Penawaran menjadi mitra akan diberikan dalam bentuk proposal.
  • Beta Tes Produk: Dilakukan untuk melakukan testing terhadap aplikasi SSPS. Kegiatan ini melibatkan beberapa perguruan tinggi yang bersedia menjadi mitra, dengan beberapa kompensasi tentunya
  • Soasialisasi SSPS: Kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi calon mitra secama umum. Berbeda dengan direct marketing, sasaran sosialisasi lebih general. sosialisasi dapat dilakukan dengan melakukan roadshow ke beberapa kota yang potensial. Karena produk yang akan dipromosikan adalah publikasi ilmiah, maka dapat juga dilakukan sosialisasi dengan mengadakan seminar seputar pentingnya publikasi ilimiah yang didalamnya disisipi promosi SSPS


Tahap Launching
Tahap Launching adalah tahap dimana produk mulai dikenalkan ke pasar. Pada tahapan ini, produk sudah dalam kondisi “matang” dan telah melewati berbagai ujicoba, User Acceptability Test mauoun uji server menangani banyaknya request.

Peluncuran produk: Timing atau waktu peluncuran produk sangat menentukan sukses tidaknya peluncuran sebuah produk. Karena SSPS digunakan untuk menampung publikasi ilmiah mahasiswa berbagai perguruan tinggi, maka waktu pelucuran yang tepat adalah satu bulan menjelang musim pengumpulan karya ilmiah, yakni pada bulan Juni atau Januari.

Sweepstakes and Contests: Pada saat peluncuran, akan diadakan kegiatan pendukung yang mampu mengundang banyak partisipan. salah satu kegiatan yang menjadi favorit adalah dengan mengadakan kontes karya ilmiah terbaik. kontes yang diadakan dapat pula berupa kontes perguruan tinggi dengan jumlah publikasi ilmiah terbanyak. Dapat dilakukan pada akhir tahun pertama.

Tahap After Sales
Tahap after sales dilaksanakan setelah usaha ini dapat melakukan penjualan. Adapaun strategi after sales yang dapat dilakukan antara lain:

  • Testimonial marketing: Testimonial dapat menjadi referensi bagi calon pengguna untuk menentukan apakah suatu produk/jasa layak dibeli. Bagi penyedia layanan, testimonial positif dapat mendorong keberhasilan dalam melakukan penjualan. Testimonial marketing mengandalkan paradigma “friend buy from friend”
  • Direct Marketing: strategi satu ini tetap dapat menjadi andalan dalam mencari pelanggan baru. Bedanya dengan direct marketing pada tahap prelaunch, adalah adanya testimonial dari pengguna jasa sebelumnya yang dapat turut serta “dijual” saat menawarkan produk kepada calon pembeli yang baru
  • Free maintenance dan backup: Setiap pengguna jasa akan mendapatkan layanan gratis berupa maintenance server dan backup  yang kami lakukan secara rutin. Hal ini untuk memberikan jaminan kemanan terhadap data pengguna yang disimpan pada server kami.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger