Upaya
belajar senantiasa bergelombang. Adakalanya bergerak naik dan adakalanya
bergerak turun. Tidak jarang motivasi belajar hanya mendatar saja. Oleh karena
demikian " watak" motivasi tersebut, maka diperlukan upaya untuk
meningkatkannya. Dengan demikian, motivasi belajar yang di punyai oleh
pembelajar bisa cenderung naik dan atau minimal Menetap.
Ada
beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh guru guna meningkatkan motivasi pembelajar,
yaitu :
1.
Mengoptimalkan
penerapan prinsip-prinsip belajar
2.
Mengoptimalkan unsur-unsur dinamis belajar /
pembelajaran
3.
Mengoptimalkan pemanfaatan pengalaman / kemampuan yang
telah dimiliki dalam belajar
4.
Mengembangkan cita-cita / aspirasi dalam belajar
Secara
berturut-turut, ketiga cara tersebut di kemukakan sebagai berikut :
1. Mengoptimalkan penerapan
prinsip-prinsip belajar
Ada
beberapa prinsip yang harus dipedomani dalam belajar. Prinsip tersebut adalah :
a.
Prinsip perhatian dan motivasi belajar
b.
Prinsip keaktifan belajar
c.
Prinsip keterlibatan langsung pembelajar
d.
Prinsip pengulangan belajar
e.
Prinsip sifat perangsang dan menantang dari materi
yang dipelajari
f.
Prinsip pemberian balikan dan penguruan dalam belajar
g.
Prinsip perbedaan individual antar belajar
Ketujuh
prinsip ini diterapkan secara optimal agar pembelajar mempunyai motivasi yang
tinggi dalam belajar.
Ada
dua cara dalam mengoptimalkan penerapan prinsip belajar tersebut. Pertama,
menyusun strategi-strategi sehingga prinsip-prinsip tersebut dapat terterapkan
secara optimal. Strategi disini, dari pandangan-pandangan dan temuan-temuan
teoritik dan dapat pula digali dari kiat guru sendiri. Temuan-temuan ahli
psikologi pendidikan dan temuan-temuan ahli pengajaran part[ digali hingga
dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip belajar.
Kedua,
menjauhkan konstrain-konstrain (kendala-kendala) yang ditemui dalam mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip belajar. Kendala demikian ini patut
dijauhkan, agar tidak mengganggu bagi penerapan prinsip-prinsip belajar.
2.
Mengoptimalkan Unsur-Unsur Dinamis Belajar /
Pembelajaran
Mengingat
unsur-unsur belajar / pembelajaran dapat mempengaruhi motivasi, maka ia perlu
di optimalkan penerapannya. Pengoptimalan demikian mi perlu dilakukan agar
motivasi belajar siswa juga optimal.
Cara
mengoptimalkan unsur-unsur dinamis dalam belajar / pembelajaran dalah :
pertama, menyediakan secara kreatif berbagai unsur belajar pembelajaran
tersebut dalm setting belajar pembelajaran. Penyediaan secara kreatif ini perlu
dilakukan, katena umumnya ketika tidak ada guru dan menerima kondisi tersebut
apa adanya. Contohnya peralatan pengajaran yang tidak tersedia dapat disediakan
dengan merancang sendiri bersama-sama dengan pembelajar.
Kedua, memanfaatkan sumber-sumber diluar sekolah
sehingga keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah dapat ditanggulangi. Hal
demikian dapat dilakukan dengan banyak mengadakan kerjasama dengan sejumlah
lembaga diluar sekolah bahkan diluar dunia pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar