Secara umum efisiensi pasar
didefinisikan oleh (Beaver 1968, dalam Jogiyanto 1998) sebagai hubungan antara
harga-harga sekuritas dengan informasi. Fama (1970) menyajikan 3 macam bentuk
utama dari efisiensi pasar berdasarkan ketiga macam bentuk dari informasi,
yaitu informasi masa lalu, informasi sekarang yang sedang dipublikasikan dan
informasi privat, yaitu:
- Bentuk Efisien Pasar Modal;
- Efisiensi pasar bentuk lemah (weak form);
- Efisiensi pasar bentuk setengah kuat (semi strong form).
Efisiensi pasar bentuk lemah
(weak form) merupakan pasar yang harga-harga dari sekuritasnya secara penuh
mencerminkan (fully reflect)
informasi masa lalu Sebagai contoh, harga saham tampak mengalami kenaikan
setiap awal bulan dan turun setiap akhir bulan. Jadi pada pasar modal efisiensi
bentuk lemah, harga saham mengikuti kecenderungan tersebut. Investor dan
perusahaan efek akan merealisasi kecenderungan tersebut dan cenderung
menggunakannya untuk menentukan harga saham.
Sedangkan, Efisiensi pasar
bentuk setengah kuat (semi strong form) merupakan pasar yang harga-harga dari sekuritasnya
mencerminkan (fully reflect) semua
informasi yang dipublikasikan. Pada bentuk ini, investor tidak dapat memperoleh abnormal return dengan memanfaatkan public information. Para peneliti telah menguji keadaan ini dengan
melihat peristiwa-peristiwa tertentu seperti penerbitan saham baru, pengumuman
laba dan dividen perkiraan tentang laba perusahaan, perubahan praktek-praktek
akuntasi, merger, dan pemecahan saham. Kebanyakan informasi-informasi ini
dengan cepat dan tepat dicerminkan dalam harga saham.
Selanjutnya, Efisiensi pasar
bentuk kuat (strong) merupakan Pasar yang harga-harga dari sekuritasnya secara
penuh mencerminkan (fully reflect)
semua informasi termasuk informasi privat.( tingkat efisiensi pasar yang
tinggi) Konsep ini mengandung arti bahwa semua informasi baik informasi yang
sifatnya umum maupun khusus, direfleksikan dalam mendapatkan informasi yang
sama kualitas dan jumlahnya dan yang diterima pada saat yang sama, sehingga
tidak ada investor yang dapat menikmati keuntungan tidak normal diatas kerugian
investor yang lainnya. Informasi yang tidak dipublikasikan adalah informasi
yang bersifat khusus, dalam artian diketahui oleh orang dalam dan bersifat
rahasia karena alasan strategi. Pada pasar bentuk kuat berarti sudah mencapai
efisiensi bentuk yang sempurna (Sunariyah, 1997).
0 komentar:
Posting Komentar