About JAVA: Elemen-elemen dasar pada
JAVA
Dalam pemrograman berbasis objek, dikenal dengan
beberapa elemen-elemen dasar diantaranya :
a. Class penggambaran dari sebuah object. mari kita ambil contoh sebuah alat transportasi, kita tahu bahwa banyak sekali alat transportasi seperti mobil, motor, sepeda, pesawat, kereta nah kita anggap alat transportasi itu sebagai sebuahclass.
kemudian pada sebuah kendaraan kita tahu ada terdapat merk, type kendaraan, tahun pembuatan, no kendaraan dll, nah kita anggap itu sebagai sebuahproperties.
Selanjutnya sebuah kendaraan itu kita tahu bisa bergerak maju, mundur, bergerak kekiri dan kekanan, mari kita anggap itu sebuah Method.
public class transportasi
{
public static void main(String[ ] args)
{
kendaraan mobil=new mobil();
}
}
b. Inheritance merupakan proses pewarisan data dari method dan variable class super kepada sub class
public class anak extends bapak
{
public class anak()
}
//program
}
}
c. Polymorphism merupakan kemampuan objek dapat menerima banyak bentuk. dicontohkan sebuah method dapat mempunyai nama yang sama tetapi dapat menerima parameter yang berbeda.
public belajarpoly (String a) {}
public belajarpoly (String a, int b {}
d. Encapsulation yaitu mengemas sebuah object sehingga ketika akan digunakan kita tidak perlu tahu tentang detail implementasinya, user hanya mengetahui variable input dan ouput.
public void setNama(string a)
{
}
public string getNama()
{
}
Set adalah proses pemberian nilai kedalam method agar selanjutnya dapat diolah, sedangkan Get proses mendapatkan nilai yang telah diolah
e. Event adalah metode untuk menangani suatu kejadian atau aksi yang diberikan user kepada suatu program, ada 3 jenis event yaitu :
a. Class penggambaran dari sebuah object. mari kita ambil contoh sebuah alat transportasi, kita tahu bahwa banyak sekali alat transportasi seperti mobil, motor, sepeda, pesawat, kereta nah kita anggap alat transportasi itu sebagai sebuahclass.
kemudian pada sebuah kendaraan kita tahu ada terdapat merk, type kendaraan, tahun pembuatan, no kendaraan dll, nah kita anggap itu sebagai sebuahproperties.
Selanjutnya sebuah kendaraan itu kita tahu bisa bergerak maju, mundur, bergerak kekiri dan kekanan, mari kita anggap itu sebuah Method.
public class transportasi
{
public static void main(String[ ] args)
{
kendaraan mobil=new mobil();
}
}
b. Inheritance merupakan proses pewarisan data dari method dan variable class super kepada sub class
public class anak extends bapak
{
public class anak()
}
//program
}
}
c. Polymorphism merupakan kemampuan objek dapat menerima banyak bentuk. dicontohkan sebuah method dapat mempunyai nama yang sama tetapi dapat menerima parameter yang berbeda.
public belajarpoly (String a) {}
public belajarpoly (String a, int b {}
d. Encapsulation yaitu mengemas sebuah object sehingga ketika akan digunakan kita tidak perlu tahu tentang detail implementasinya, user hanya mengetahui variable input dan ouput.
public void setNama(string a)
{
}
public string getNama()
{
}
Set adalah proses pemberian nilai kedalam method agar selanjutnya dapat diolah, sedangkan Get proses mendapatkan nilai yang telah diolah
e. Event adalah metode untuk menangani suatu kejadian atau aksi yang diberikan user kepada suatu program, ada 3 jenis event yaitu :
·
Event source : komponen yang mendapatkan
sebuah event, yang dapat ditangkap oleh event listener.
·
Event Listener : komponen yang menangkap event
yang diberikan oleh event source
·
Event handler : penanganan yang menentukan
proses selanjutnya setelah mendapatkan event.
Contoh : teman saya lapar, saya
mempunyai makanan(source), saya mengetahui teman saya lapar(listener),
maka saya memberi makanan itu ke teman saya (handler).
f. Exception adalah suatu pengecualian yang terjadi selama program berjalan.
g. Try -Catch merupakan penangkap exception atau kesalahan pada blok try untuk kemudian diberikan pada clause catch.
Try
{
// program
}
Catch (exception e)
{
JOptionpane.showMessage (null, e.getMessage());
}
f. Exception adalah suatu pengecualian yang terjadi selama program berjalan.
g. Try -Catch merupakan penangkap exception atau kesalahan pada blok try untuk kemudian diberikan pada clause catch.
Try
{
// program
}
Catch (exception e)
{
JOptionpane.showMessage (null, e.getMessage());
}
0 komentar:
Posting Komentar