Kalakota
dan Robinson (2000, p.12) mengemukakan
bahwa pelanggan membutuhkan perusahaan yang dapat menjalankan
bisnis yang terus berkembang
khususnya di area :
Kecepatan Pelayanan – dalam dunia nyata, pelayanan premium diterapkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat, akurat, dan memberikan respon yang adaptif.
Kenyamanan – pelanggan menginginkan kenyamanan untuk berbelanja pada satu tempat saja dengan adanya fasilitas pemesanan dan alur pengiriman.
Personalisasi – pelanggan ingin diperlakukan secara personal oleh perusahaan.
Harga – perusahaan perlu memberikan harga dengan alasan yang tepat untuk memperoleh keuntungan dari pelanggan.
Teknologi memungkinkan
perusahaan memenuhi keinginan pelanggan tersebut
di antaranya adalah
dengan penerapan e-business. Kalakota dan Robinson (2000, p5)
menyatakan bahwa e-business adalah penambahan yang meliputi e- commerce, juga
bagian yang menjalankan
aplikasi front
office dan back
office dengan menggunakan mesin untuk menjalankan proses. E-business bukanlah sekedar transaksi e-commerce atau membeli dan menjual melalui web. E-business adalah strategi yang menyeluruh dari pendefinisian
ulang bisnis lama dengan bantuan
teknologi untuk memaksimumkan
nilai pelanggan.
Menurut
Indrajit (2002, p.1), e-bisnis adalah penggunaan suatu jaringan elektronik
dan teknologi yang disatukan untuk memungkinkan, memperbaiki, mempertinggi,
merubah bentuk atau menciptakan
suatu proses bisnis atau sistem bisnis
untuk menghasilkan nilai yang tinggi
untuk para pelanggan
tetap yang potensial
Kotler (2003, p40) mengatakan bahwa e-business
menggambarkan penggunaan platform
dan alat elektronik untuk menjalankan
bisnis perusahaan. Misalnya
dengan membangun website, intranet, ekstranet, dan sebagainya. E- business dan e-commerce menggunakan empat tipe utama domain
internet yaitu : B2C (Business to Consumer), B2B (Business
to Business), C2C (Comsumer to Comsumer), dan C2B (Consumer to Business).
Kolter juga menyatakan
bahwa konteks “e”
digunakan dalam berbagai bentuk seperti e-learning, e-services. Namun,
pada
saat
suatu bisnis dijalankan secara online konteks “e” biasanya ditambahkan pada nama dari bisnis.
0 komentar:
Posting Komentar