Menurut Madura (2001, p.2)
bisnis atau perusahaan adalah suatu badan hukum yang menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan oleh pelanggan. Setiap bisnis melakukan transaksi dengan orang-orang. Mereka menanggung
akibat karena bisnis tersebut
karenanya mereka mempunyai kepentingan di dalamnya. Mereka disebut sebagai pemegang kepentingan utama (stakeholder) atau orang yang mempunyai kepentingan dalam bisnis. Mereka
adalah karyawan, pemilik, kreditur, pemasok,
dan pelanggan.
Menurut Madura ( 2001, p.13 ), lima fungsi utama yang terlibat
dalam bisnis adalah :
1. Pemasaran,
cara bagaimana produk dan jasa dikembangkan,
diberi harga, didistribusikan dan dipromosikan kepada pelanggan.
2. Manajemen, cara bagaimana karyawan dan sumber lain ( seperti
mesin –
mesin
) digunakan oleh perusahaan.
3. Keuangan, cara
bagaimana perusahaan mendapatkan dana
dan menggunakannya untuk keperluan operasi bisnisnya.
4. Akuntansi, ringkasan atau analisis dari
kondisi keuangan perusahaan.
5. Sistem informasi , meliputi
teknologi informasi, masyarakat, dan prosedur yang bekerjasama untuk memberikan
informasi yang cocok kepada
karyawan perusahaan sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis.
Proses Bisnis
Marshall (2000, p.53) menyatakan proses bisnis mendefinisikan bagaimana
suatu organisasi meraih tujuannya
dan dirancang untuk menambah nilai.
Proses bisnis terdiri
dari beberapa langkah yang saling berhubungan dengan suatu alur kerja. Ivar Jacobson, seperti yang
dikutip oleh Marshall (2000, p.53) menyatakan
bahwa yang dimaksud dengan proses
bisnis adalah rangkaian kegiatan
internal yang dilakukan untuk melayani
pelanggan.
0 komentar:
Posting Komentar