Kotler (2003, pp.8-9)
pengertian pemasaran dibedakan menjadi dua yaitu
pengertian sosial dan pengertian manajerial.
Secara sosial, pemasaran diartikan
sebagai suatu proses sosial untuk menemukan
kebutuhan dan keinginan dari individu maupun kelompok
melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran barang dan jasa
yang bernilai secara bebas. Sedangkan secara manajerial,
pemasaran
dianggap sebagai “seni dari menjual
produk”. Tipikalnya pemasaran sering dipandang sebagai sebagai
serangkaian tugas penciptaan, promosi, dan pengiriman barang dan jasa
kepada konsumen dan bisnis.
Pengertian pemasaran menurut The American Association adalah
proses dari perencanaan dan pemasaran sebagai proses perencanaan dan
pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi
ide-ide, barang-barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu
dan organisasi (Kotler,
2003, p.9)
Konsep Pemasaran
Pemasaran
memegang
kunci penting dalam pencapaian tujuan perusahaan yang meliputi keefektifan perusahaan dibandingkan dengan pesaing dalam hal penciptaan, penyampaian, dan mengkomunikasikan nilai
pelanggan superior kepada target pasar yang ditujunya (Kotler, 2003, p.19).
Konsep dari pemasaran meliputi
4 pilar utama yaitu : target pasar, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu, dan
keuntungan dari
kepuasan pelanggan.
Penggambaran konsep ini adalah
sebagai berikut :
Perusahaan
akan memilih target pasar sasarannya dengan hati-hati sehingga dapat mempersiapkan
program pemasaran untuk setiap target pasarnya dengan lebih
baik.
Untuk dapat fokus kepada kebutuhan
pelanggan tidaklah mudah karena banyak pelanggan yang tidak menyadari kebutuhan mereka, atau mereka tidak dapat
mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan tersebut, atau cara penyampaian mereka
yang membutuhkan interpretasi tertentu. Kotler (2003, p.21) mengemukakan
ada lima kebutuhan pelanggan yaitu :
Kebutuhan yang dinyatakan
oleh pelanggan (Stated needs)
Kebutuhan yang sebenarnya
diinginkan oleh pelanggan (Real needs)
Kebutuhan yang tidak dinyatakan oleh pelanggan namun diinginkannya
(Unstated needs)
Kebutuhan yang merupakan
harapan bagi pelanggan
yang sifatnya berupa tambahan
(Delight needs)
Kebutuhan yang
disembunyikan
oleh
pelanggan
setelah
kebutuhan
utamanya terpenuhi (Secret needs)
Pemasaran
terpadu dapat dicapai dengan adanya kerja sama dari setiap departemen dalam perusahaan untuk melayani
kebutuhan dan kepentingan pelanggan. Kondisi ini terkadang sulit untuk dicapai karena tidak semua karyawan dilatih dan dimotivasi untuk bekerja demi kepentingan
pelanggan.
Tujuan utama dari konsep pemasaran adalah untuk mendukung
perusahaan dalam pencapaian tujuan. Bagi perusahaan dapat dikatakan
keuntungan merupakan tujuan namun perusahaan menfokuskan pada perolehan keuntungan
sebagai konsekuensi dari penciptaan nilai
pelanggan yang superior.
Strategi Pemasaran
Menurut Kotler (2003,p.90)
perencanaan strategi pemasaran memaparkan
target pasar dan pengajuan nilai-nilai yang dapat ditawarkan berdasarkan pada
analisis peluang-peluang pasar yang terbaik.
Perencanaan pemasaran merupakan
instrumen utama untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan
upaya-upaya pemasaran.
Craven dan
Piercy (2003, p.31)
mengemukakan strategi pemasaran merupakan rangkaian
tugas yang terdiri dari
analisis, pengembangan strategi,
dan pengimplementasian kegiatan dalam: pengembangan suatu visi tentang pasar
dari kepentingan organisasi, memilih strategi, target pasar, menentukan objek, dan
pengembangan, pengimplementasian, dan pengelolaan strategi penempatan
posisi dalam program pemasaran yang didesain untuk dipertemukan dengan permintaan
nilai dari pelanggan dalam setiap target pasar.
Strategi pemasaran tersusun atas rumusan dari segmentasi (segmentation), pemilihan
pasar yang dituju (targeting), dan penentuan posisi (positioning).
1 komentar:
Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.
123 1
Posting Komentar