Unsur-Unsur Pembentuk Budaya Perusahaan Menurut Sudarmanto

   Menurut Sudarmanto (2009:166) unsur budaya perusahaan meliputi dua hal, yakni yang tampak atau terlihat (visible artifacts) dan yang tidak tampak (invisible). Unsur budaya yang tampak mencakup segala hal yang dapat dilihat secara kasat mata, seperti cara orang berperilaku, berpakaian, berbicara, simbol-simbol, ritual, logo organisasi, figur-figur hero, dan lain-lain. Sedangkan unsur budaya yang tidak tampak adalah nilai-nilai, asumsi, filosofi, kepercayaan, proses berfikir yang pada hakekatnya akan mempengaruhi unsur visibel tadi.


           Budaya perusahaan dapat dibentuk, diciptakan dan direkayasa agar sinergis dengan cita-cita organisasi. Oleh karenanya, tugas pemimpin perusahaan adalah membangun budaya perusahaan yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Budaya perusahaan muncul bukan dalam lingkungan yang hampa, akan tetapi budaya perusahaan dibentuk dan ditentukan oleh faktor-faktor internal dan juga faktor-faktor eksternal, seperti pada gambar 2.3 sebagai berikut :
Selain itu budaya suatu perusahaan dibangun dari kepercayaan yang dipegang teguh secara mendalam tentang bagaimana perusahaan seharusnya dijalankan atau beroperasi. Budaya merupakan sistem kerja perusahaan dan akan mempengaruhi cara pekerjaan dilakukan dan cara para karyawan berperilaku. Unsur-unsur pembentuk budaya perusahaan yang dapat dilihat dalam gambar 2.4 sebagai berikut :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger