Beberapa faktor dalam proses upaya manajemen mutu untuk mencapai mutu pendidikan prima, yang termasuk dalam strategi Total Quality Education (TQE) antara lain sebagai berikut:
- Merancang secara terus menerus berbagai tujuan pengembangan siswa, pegawai, dan layanan pendidikan.
- Mengadopsi filosofi baru, yang mengedepankan kualitas pembelajaran dan kualitas sekolah. Manajemen pendidikan harus mengambil prakarsa dalam gerakan peningkatan mutu ini.
- Guru harus menyediakan pengalaman pembelajaran yang menghasilkan kualitas kerja. Peserta didik harus berusaha mengajar kualitas, dan menyadari jika tidak menghasilkan output yang baik, customers mereka (guru, orang tua, lapangan kerja) tidak akan menyukainya.
- Menjalin kerja sama yang baik dengan pihak-pihak yang berkepentingan (stake holders) untuk menjamin bahwa input yang diterima berkualitas.
- Melakukan evaluasi secara kontinu dan mencari terobosan-terobosan pengembangan sistem dan proses untuk meningkatkan mutu dan produktivitas.
- Para guru, staff lain dan murid harus dilatih dan dilatih kembali dalam pengembangan mutu. Guru harus melatih siswa agar menjadi warga dan pekerja masa depan dengan mengembangkan kemampuan pengendalian diri, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
- Kepemimpinan lembaga, yang mengarahkan guru, staff dan siswa mengerjakan tugas pekerjaannya dengan lebih baik. Di dalam mengelola kelas, guru hendaknya menerapkan visi kepemimpinan pada kepengawasan.
- Mengembangkan ketakutan, yakni semua staff harus merasa mereka dapat menemukan masalah dan cara pemecahannya, guru mengembangkan kerja sama dengan siswa untuk meningkatkan mutu.
- Menghilangkan penghalang kerja sama diantara staff, guru dan murid atau antarketiganya.
- Hapus slogan, desakan atau target yang bernuansa pemaksaan dari luar.
- Kurangi angka-angka kuota, ganti dengan penerapan kepemimpinan, karena penetapan kuota justru akan mengurangi produktivitas dan kualitas.
- Hilangkan perintang-perintang yang dapat menghilangkan kebanggaan para guru atau siswa terhadap kecakapan kerjanya.
- Sejalan dengan kebutuhan penguasaan materi baru, metode-metode atau teknik-teknik baru, maka harus disediakan program pendidikan atau pengembangan diri bagi setiap orang dalam lembaga sekolah tersebut.
- Pengelola harus memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk mengambil bagian atau peranan dalam pencapaian kualitas.
- Lama mengajar di kelas
- Lamanya persiapan mengajar
- Pemilihan metode mengajar
- Memberikan pekerjaan rumah
- Pengalaman
- Tingkat pendidikan
0 komentar:
Posting Komentar