Sifat sistem informasi yang diperlukan oleh suatu
organisasi sangat bergantung pada jenis kegiatan yang dilaksanakan serta
jenis-jenis keputusan yang dibuat oleh pengguna informasi, yang mungkin saja
mereka ini manajer, personel teknis dan administrasi. Kebutuhan informasi oleh
manajer cenderung bervariasi sesuai dengan lapisan hirarkinya dalam organisasi,
sebab kegiatan manajerial cenderung berbeda pada berbagai lapisan.
Kegiatan manajer di berbagai lapis dalam
organisasi tertentu cenderung dibedakan dengan cara sistematik sbb :
- Manajer lapis terendah :
·
Penyeliaan langsung
·
Review rinci kegiatan
·
Pengendalian operasi
·
Menyelesaikan masalah personil
- Manajer puncak :
- Perencanaan strategis dan jangka panjang
- Analisis alternatif dan alokasi sumber daya
- Perumusan kebijaksanaan
- Review dan evaluasi keseluruhan
- Masalah-masalah kritis
- Kepemimpinan dan kegiatan seremonial
- Manajer
madya : gabungan antara tugas manajer puncak dan lapis terendah.
Keahlian Manajemen
Sebelum
kita akan membahas keahlian manajemen, kita akan membicarakan fungsi-fungsi
manajemen. Henri Fayol, ahli teori manajemen, menyatakan bahwa manajer
melaksanakan lima fungsi manajemen, yaitu :
- Planning (perencanaan)
- Organize (organisasi)
- Staff (menyusun staff)
- Direct (mengarahkan)
- Control (mengendalikan)
Semua manajer, apa pun tingkatan atau area bisnis mereka,
melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, walau mungkin dengan penekanan yang
berlainan.
Seorang
manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang
mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer berkomunikasi dengan bawahannya, atasannya, orang-orang di unit
lain dalam perusahaan dan dengan orang-orang d luar perusahaan. Manajer juga
memecahkan masalah dengan membuat perubahan-perubahan pada operasi perusahaan
sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
0 komentar:
Posting Komentar