Adapun
unsur-unsur pendidikan adalah:
1.Anak didik : pihak yang
menjadi obyek utama pendidikan
2. Pendidik : pihak yang menjadi subyek dari pelaksanaan
pendidikan
3. Materi : bahan atau
pengalaman belajar yang disusun menjadi kurikulum
4. Alat pendidikan :
tindakan yang menjdi kelamgsungan mendidik
5. Lingkumgan :
keadaan yang berbengaruh terhadap hasil pendidikan
6.Dasar dan landasan pendidikan :
landasan yang menjadi fundamental dari segala kegiatn pendidikan.
Pendidikan
adalah suatu usaha sadar yang teratur dan tematis,yang dilakukan seseorang
untuk mempengaruhi agar anak mempunyai siafat dan tabiat yang sesuai dengan
tujan pendidikan .Yang menjadi eksistensi mendidik terletak pada tujuan
mendidik, sedang mengajar eksistensinya terletak pada materinya.Oleh karena itu
daapat disimpulkan mendidik lebih luas dari pda mengajar,dan mengajar merupakan
sarana dalam mendidik.
Adapun faktor-faktoryang membatasi kemampuan pendidikan :
Ø Faktor anak didik:di dalam anak didik terdpt potensi-potensi yang butuh
pendidikan dari luar
Ø Faktor pendidik:guru mempunyai metode penyampian yang berbeda dan beragam.
Ø Faktor lingkumgan:limgkungan sangat berpengaruh baik positif maupun
negatif.
Lama pendidikan tidak akhirnya.Menurut
Lengeverd bahwa di saat ketika anak itu telah sadar atau mengenal
kewibawaan(gezaag).Adapun ciri-cirinya:adanya kestabilan,sifat tanggung jawab
dan sifat berdiri sendiri.
Menurut sarjanawan pendidikan dari Barat lma
pendidikan jika anak telah berumur 20 atau 21 tahun sedang menurut bangsa
Timur,bahwa prndidikan tidak hanya di mulai sejak prenatal melainkan di mulai
sejak anak diciptakan(konsepsi).
Dasardan tujuan merupakan salah masalah ynng sangat fundamental
dalam pelaksanaan pendidikan.Oleh karen itu dasar akan mennetukn corak dan isi dari
pensdidikn akan menuju arah mana anak dibawa
2.1 Apakah
Pendidikan itu?
Pendidikan adalah bantuan yang
diberikan dengan sengaja kepada anak dalam pertumbuhan jasmani maupun rohaninya
untuk mencapai tingkat dewasa.
2.2 Mendidik
dan Mengajar
Mendidik lebih luas
dari pada mengajar, mengajar hanyalah merupakan alat atau sarana di dalam
mendidik. Sedangkan mendidik harus mempunyai tujuan nilai-nilai yang tinggi.
2.3 Batas-batas
Kemampuan Penduduk
Adapun faktor-faktor yang membatasi
kemampaun pendidikan adalah :
1)
Faktor yang terletak pada anak didik
2) Faktor
yang terletak pada si pendidik
3)
Faktor yang ada pada lingkungan.
2.4 Lama
Pendidikan dan Kedewasaan
Menr langeveld, batas bawah dari
pendidikan itu ada saat dimana anak telah mengenal kewibawaan.
2.5 Macam-macam
Pendidikan
1)
Membedakan menurut filsafat atau pandangan
hidup
2) Membedakan
menurut aspek-aspek pendidikan
3) Membedakan
menurut tingkatnya
4) Membedakan
menurut umumnya
5) Membedakan menurut tempat pendidikannya
6) Membedakan
menurut isi pendidikan
7) Membedakan
menurut sifat anak didik
8) Membedakan
menurut sifat pelaksanaan
A. Apakah Pendidikan Itu ?
Mengenai
pertanyaan apa pendidikan itu dapat kita jawab. Bahwasannya dalam buku ini
dikemukakan dua pengertian secara umum, berikut pengertian tersebut:
Definisi I : Pendidikan ialah suatu usaha yang sadar
yang teratur dan sitematis, yang dilakukan oleh orang – orang yang diserahi
tanggung jawab untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat dan tabiat yang
sesuai dengan cita – cita pendidikan.
Definisi II : bantuan yang
diberikan secara sengaja kepada anak dalam pertumbuhan jasmani maupun rohani.
B. Mendidik Dan Mengajar
Secara teoritis pengertian mendidik dan mengajar tidaklah sama. Mengajar
berarti menyerahkan atau manyampaikan ilmu pengaetahuan atau keterampilandan
lain sebagainya kepada orang lain, dengan menggunakan cara – cara tertentu
sehingga ilmu – ilmu tersebut bisa menjadi milik orang lain.
Lain
halnya mendidik, bahwa mendidik tidak hanya cukup dengan hany memberikan ilmu
pengetahuan ataupun keterampilan, melainkan juga harus ditanamkan pada anak
didik nilai – nilai dan norma – norma susila yang tinggi dan luhur.
Dari
pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa mendidik lebih luas dari pada
mengajar. Mengajar hanyalah alat atau sarana dalam mendidik .dan mendidik harus
mempunyai tujuan dan nilai – nilai yang tinggi.
C. Batas – Batas Kemampuan Pendidikan
Adapun factor – factor yang membatasi kemampuan pendidikan ialah:
Ø Faktor anak didik, Anak didik adalah pihak yang dibantu. Pada
dasarnya dalam diri anak tersebut sudah terdapat potensi – potensi yang
kemungkinan dapat dikembangkan yang mana dalam pengembangannya membutuhkan
bantuan pihak lain.
Ø Factor si pendidik, Pendidik adalah pihak yang memberi bantuan
kepada anak didik . dalam hal ini pendidik memberi bantuan guna mengemabangkan
potensi – potensi yang ada dalm diri anak didik.para pendidik tentunya
mempunyai cara – cara tersendiri guna memberikan bantuan anak dan cara tersebut
belum tentu sesuai dengan anak, inilah yang menjadi penentu pada akhirnya dalam
keberhasilan pendidikan.
Ø Factor lingkungan, Lingkungan disini dapat berupa benda –
benda, orang –orang , dan lain sebagainya yang ada di sekitar anak didik. Suatu hal disekitar anak dapat memberi pengaruh langsung terhadap
pembentukan dan perkembangan anak.
D. Lama Pendidikan Dan Kedewasaan
Yang dimaksud lama
pendidikan disini adalah hal yang menyangkut kapan pendidikan itu dimulai
(batas bawah) dan kapan pendidikan itu berakhir (batas atas). Menurut langeveld
batas bawah dari pendidikan itu ialah saat dimana anak mulai mengakui dan
menerima pengaruh atau anjuran yang datang dari orang lain.
Sedangkan batas atas
dari pendidikan adalah apabila anak telah mencapai tinggkat dewasa dalam arti
rohaniah. Adapun ciri – cirinya yaitu : adanya sifat kestabilan (kemantapan),
adanya sifat tanggung jawab, adanya sifat kemandirian.
E. Macam – Macam Pendidikan
Ditinjau dari segi pelaksanaan pendidikan dapat dibedakan sebagai berikut:
Ø Pendidikan menurut filsafat atau pandangan hidup
§ Pendidikan
Nasionalis
§ Pendidikan
Kolonialis
§ Pendidikan
Komunis
§ Pendidikan
Liberalis
§ Pendidikan
Islam
§ Dan lain
sebagainya
Ø Menurut segi – segi atau aspek – aspek pendidikan.
§ Pendidikan
Akhlak atau Budi Pekerti
§ Pendidikan
Kecerdasan
§ Pendidikan
Keindahan
§ Pendidikan
Kewarga Negaraan
§ Pendidikan
Jasmani
§ Dan
sebagainya
Ø Menurut
tingkatan – tingkatannya
§ Pendidikan
Pra Sekolah
§ Pendidikan
Dasar
§ Pendidikan
Menengah
§ Pendidikan
Tinggi
Ø Pebedaaan
menurut umur
§ Pendidikan
Prenatal
§ Pendidikan
Bayi
§ Pendidikan
Anak
§ Pendidikan
Pemudah
§ Pendidikan
Orang Dewasa
Ø Pembedaan
menurut tempat pendidikan
§ Pendidikan
Di Rumah
§ Pendidikan
Di Sekolah
§ Pendidikan
Masyarakat
Ø Menurut
isi pendidikan
§ Pendidikan
Umum
§ Pendidikan
Kejuruan
Ø Menurut
segi pelaksanaan
§ Pendidikan
Formal
§ Pendidikan
Non Formal
§ Pendidikan
Informal
Ø Menurut
sifat atau keadaaan anak didik
§ Pendidikan
Biasa
§ Pendidikan
Luar Biasa
0 komentar:
Posting Komentar