Anak
merupakan obyek utamadari pendidikan dan di dalam anak mempunyai pembawaan yang disebut Bakat. Adapun aliran
yang berpendapat bahwa pembwaan itu berperan pada perkembngan sebagai berikut:
1.Aliran
nativisme”perkembangan seorang anak ditentukan oleh pembawaannya”.
2.Aliran naturalisme (JJ Rousseu)”anak itu lahir dengan
sifat-sifatnya sesuai dengan alamnya sendiri”
3.Aliran
predestinasi/predeterminasi”perkembangan anak ditentukan oleh nasibnya”
Sedangkan aliran tentang lingkungan berperan pada perkembangan
adalah sebagai berikut:
a.
Teori Tabularasa(John Lock)”anak dilahirkan dalam keadaan
bersih,tidak ada pembwaan apa-apa seperti sehelai kertas yang masih kosong”.
b.
Emanual Kant”manusi tidak lain adalah hasil dari pendidikan ,oleh
karena itu berarti bahwa pendidikn sanggup membuat manusia yang bagaimana
saja”.
Menurut
Wilhelm yang terkenal dengan teori konvergensimya ”perkembangan anak ityu tidak
hamya totyentuakn oleh pembawaannya sajdan juga tidak lingkungan saja.
Aspek
perkembangan anak sejak ia dibentuk hingga mencapai kedewasaan
diantaranya:perkembangan motorik, ingatan, pengamatan dan inovasi, perkembangan
berpikir dan kepribadian serta kedewasaan.
Dalam
suatu pendidikan terdapat siatu limgkungan yang biasa kita sebut Tri pusat
pendidikan,yaitu:
v Lingkungan
kluarga:merupakan limgkumgan pendidikan yang pertama karena dalam anak
pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan.
v Limgkumgn
sekolah :merupakan bagian darli pendidikn dalan keluarga dan merupakan lanjutan
pendidikan dalam keluarga serta merupkan jembatan bagi anak yang menghubungkan
kehiupan keluarga dan masyarakat.
v Lingkungan
masyaraakt:apabila anak tidak di bawah pengawasan orang tua dan anggota
keluarga yamg serta tidak di bawah pengawasan guru dan petugs sekolah yang
lain.Lingkungn ini tidak berperan dalam mendidik hanya memberi pengaruh.
Selain
lingkungan di atas dapat dibedakan sebagai berikut:
- Lingkungan alam :limgkungan ini bersifat klimatologis,geografis dan keadaan tanah
- Lingkungan sosisal:lingkungan ini dibagi dua yaitu sosial keluarga dan masyarakat
4.1 Peran
Pembawaan dalam Perkembangan
Terdapat
aliran-aliran yang berpendapat :
a.
Nativisme adalah perkembangan ini ditentukan
oleh pembawaannya
b.
Naturalisme (J.J. Rousseaw) adalah anak lahir m,embawa sifat-sifat
sendiri.
c. Presditinasi/Predertiminasi
adalah nasib
4.2 Peran
Lingkungan Terhadap Lingkungan
a. Teori
Tabularasa (John Lock) : anak dilahirkan dalam keadaan masih bersih, tidak ada
pembawaan apa-apa.
b. Emmanual
Kant : Manusia tidak lain adalah hasil dari pendidikan dengan demikian, bahwa
pendidikan sanggup membuat manusia yang bagaimana saja
4.3 Teori
Konvergensi :
Perkembangan anak tidak hanya
ditentukan oleh pembawaan saja dan tidak oleh lingkungan saja akan tetapi oleh
dua-duanya.
4.4 Beberapa
aspek Perkembangan
Aspek perkembangan yaitu : perkembangan
motorik, pengamatan, berfikir, kepribadian dan kedewasaan.
A. Peran
Pembawaaan Dalam Perkembangan
Pembawaan
atau bakat adalah merupakan potensi – potensi , atau kemungkinan – kemungkinan
yang memberikan kemungkinan kepada seseorang untuk berkembang menjadi sesuatu. Berkembang tidaknya potensi yang ada pada anak masih sangat tergantung pada
faktor – faktor pendidikan yang lain .
B. Peranan
Lingkungan Dalam Pearkembangan
Lingkungan
dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak baik secara lanmg sung
maupun tak langsung. Baik secara disengaja maupun tidak disengaja .
C. Teori
Konvergensi Dalam Perkembangan
Menurut
teori konvergensi bahwa perkembangan anak itu tidak hanya ditentukn oleh
perkembangan saja, dan juga tidak hanya ditentukan oleh lingkungan saja.
Melainkan perkembangan anak ditentukan dari hasil kerja sama antara kedua
faktor tersebut.
D. Peranan
Aktivitas Pribadi Dalam Perkembangan
Pada hakekatnya manusia
adalah makhluk yang aktif . makhluk yang didalam dirinya terdapat kecenderungan
, terdapat naluri untuk membentuk dirinya sendiri, pada manusia terdapat
kemampuan dan kemauan untuk menggerakan dan mengarahkan kemana perkambangan itu
ditujukan, inilah yang dimaksud peranan aktivitas pribadi.
E. Bebebrapa
Aspek Dalam Perkembangan
Ø Perkembangan
motoprik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan – gerakan
Ø Perkembanagn
pengamatan, ingatan dan fantasi
§ Penghamatan, perkembangan pengamatan sama halnya pada perkembangan motorik
pada permulaan. Yaitu mula – mula bersifat umum, global, yang selanjutnya
menuju kehal – hal yang khusus.
§ Ingatan , berkembang sesuai umur semakin bertambah usia anak maka makin
bertambah juga kemampuan daya ingatnya
§ Fantasi,mulai berkembang pada usia kurang lebih tiga tahun dan selanjutnya
terus berkembang.
Ø Perkembangan berfikir, kemampuan berfikir ini juga berkembang sesuai
dengan pertambahan usia. Mulai kanak – kanak hinga pada akhir nya tercapaikepribadian yang
bulat
Ø Perkembangan
kepribadian, perkembangan selalu menyangkut kehidupan aku pribadi (ego) dalam
hubungannya dengan kehidupan sekitar. Pada mulanya sifat ego tersebut
sangattinggi, namun seiring bertambahnya usia sifat tersebut semakin berkurang
akibat bertambahnya pengalaman – pengalaman hidup dalam masyarakat.
Ø Perkembangan
kedewasaan, perkembangan ini tidak dapat dilepas dari perkembangan
kepribadian. Terbentuknya kepribadian yang bulat, berarti pula tercapainya
kedewasaan.
0 komentar:
Posting Komentar